Kota Baru Santan Tembus 10 Besar Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

Kota Baru Santan Tembus 10 Besar Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

DOK/Net : Ilustrasi Desa Wisata--

RK ONLINE - Desa Kota Baru Santan Kecamatan Tubei menjadi satu-satunya desa wisata di Kabupaten Lebong yang berhasil tembus 10 besar dalam ajang lomba desa wisata tahun 2022 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu.  

Kabid Pariwisata Disparpora Kabupaten Lebong Agus Supriadi, SE menjelaskan, sebelumnya ada 2 desa di Kabupaten Lebong yang mengikuti ajang tersebut. Yaitu Desa Kota Baru Santan Kecamatan Tubei dan Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen. Dalam perjalanannya, saat ini tinggal Desa Wisata Kota Baru Santan yang masih bertahan dan masuk 10 besar.

"Saat ini masih ada beberapa rangkaian penilaian yang masih dilakukan. Besok (hari ini, red) akan dilakukan sesi pemaparan terkait desa wisata Kota BAru Santan di Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, " jelas Agus.

Lebih jauh dijelaskannya, ada beberapa aspek yang akan menjadi poin penilaian dalam ajang lomba desa wisata ini. Seperti penerapan sapta pesona, kearifan lokal hingga kelembagaan desa. Pihaknya memastikan akan terus mendukung dan melakukan pendampingan Desa Kota Baru Santan dalam memenuhi setiap kelengkapan administrasi dan lainnya.

"Pemenang lomba ini nantinya akan diumumkan pada 10 hingga 11 November mendatang, " lanjutnya.

 

BACA JUGA:Kembangkan Desa Wisata

 

Ia berharap doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Lebong agar Desa Kota Baru Santan bisa memberikan hasil terbaik dalam ajang ini. Apalagi desa wisata yang menang di tingkat Provinsi ini nantinya akan mewakili Provinsi Bengkulu diajang lomba desa wisata tingkat nasional.

"Kami berharap di tahun berikutnya semakin banyak desa wisata di Kabupaten Lebong yang mengikuti ajang ini, " singkat Agus.

Sumber: