Kantor Bea Cukai Dukung UMKM di Pangsa Internasional

Kantor Bea Cukai Dukung UMKM di Pangsa Internasional

DOK/RK : Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, Reano--

RK ONLINE - Kantor Bea dan Cukai Bengkulu mendorong dan mendukung produk masyarakat dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah ini dapat memasuki pangsa internasional dengan produk yang diekspor keluar negeri. 

Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama Kantor Bea dan Cukai Bengkulu, Reano menyampaikan, dalam beberapa waktu terakhir produk UMKM semakin meningkat dengan semakin banyaknya produk-produk yang diekspor keluar negeri selain komoditas unggulan Bengkulu seperti cangkang sawit atau batu bara. 

"Beberapa waktu lalu UMKM kita berhasil melakukan ekspor produk lintah ke negara Malaysia. Ini menjadi peningkatan yang luar biasa bagi UMKM kita," jelasnya. 

Dengan adanya ekspor tersebut juga, Reano menyebut menjadi jalan bagi para pelaku UMKM lainnya untuk dapat meningkatkan produknya sehingga bisa memiliki nilai ekspor. 

"Kantor bea dan cukai Bengkulu akan memfasilitasi dengan mempermudah administrasi dan membantu UMKM yang ingin mengekspor produknya. Semua dipermudahkan, agar UMKM dapat bergerak lebih maju lagi di pangsa internasional," tuturnya. 

Reano menambahkan, untuk biaya atau pajak ekspor bagi produk UMKM digratiskan, sehingga kesempatan tersebut harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM. 

"Untuk biaya atau pajak ekspor selain yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan semuanya gratis. Tidak ada biaya dalam hal ini pajak produk-produk UMKM," jelasnya. 

 

BACA JUGA:BLT UMKM Mulai Direalisasikan Oktober

 

Lebih lanjut, dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kantor Bea dan Cukai bergerak langsung ke lapangan memantau dan melihat UMKM yang memiliki potensi ekspor. Reano menyebut jika potensi ekspor Bengkulu cukup besar, seperti produk Kopi Bengkulu yang sudah terkenal hingga eropa. 

"Tujuan kita hasil akhirnya dapat dilaksanakan ekspor. Dan kita menfasilitasi semua teman-teman UMKM dalam pelaksanaan ekspor. Silakan datang ke Kantor Bea dan Cukai dan kita akan bantu," pungkasnya.

Sumber: