Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Dispar Gencarkan Promosi

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Dispar Gencarkan Promosi

DOK/RK : Kepala Dispar Rejang Lebong, Budianto, ST--

RK ONLINE - Dinas Pariwisata (Dispar) Rejang Lebong saat ini fokus dalam mempromosikan objek-objek wisata yang dimiliki agar lebih dikenal masyarakat luas. Muaranya, yakni meningkatkan kunjungan wisatawan ke Rejang Lebong. Terlebih beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sudah melakukan kunjungan ke salah satu kawasan wisata di Rejang Lebong. Artinya potensi wisata yang dimiliki Rejang Lebong sangat dimungkinkan untuk dikembangkan.

"Kami terus mendorong mempromosikan seluruh objek wisata yang ada direjang lebong. Sehingga bisa lebih dienal masyarakat luas, " kata Kepala Dispar Rejang Lebong, Budianto, ST.

Disisi lain, pihaknya terus mendorong agar masing-masing desa yang memiliki potensi wisata untuk mengembangkannya. Pengembangan potensi tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan Dana Desa (DD). Jika sudah berjalan, desa bisa mendapatkan pemasukan melalui APBDes. Disisi lain, juga bisa membuka peluang usaha bagi pelaku UMKM di desanya. Bahkan saat ini sudah ada beberapa desa yang mendapatkan PADes dari sektor usaha wisata yang dikembangkan. 

"Desa-desa yang telah memiliki pendapatan tetap dari mengembangkan desa wisata yaitu Desa Belitar Sebrang dengan Tri Muara Karang, Desa Purwodadi dengan Danaunya, Desa Pal 9 dengan hutan madapi dan beberapa desa lainya, " tambahnya. 

 

BACA JUGA:2023, Fokus Kembangkan Objek Wisata

 

Selain sosialisasi dan melalui media, promosi wisata dilakukan Dispar melalui gerakan destinasi wisata. Sasarannya adalah wisatawan dari luar daerah agar berkunjung ke Rejang Lebong.

"Kami berharap melalui sektor wisata bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat, " tukasnya.

Sumber: