Ketua Dewan : Pemkab Harus Dorong Produk UMKM Masuk Ritel Modern

Ketua Dewan : Pemkab Harus Dorong Produk UMKM Masuk Ritel Modern

DOK/RK : SATU : Salah satu produk UMKM yang dinilai layak masuk pasar retail modern.--

RK ONLINE - Melihat banyaknya hasil produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kepahiang, Ketua DPRD Kepahiang, Windra Purnawan, Sp mendorong supaya Pemerintah Kabupaten Kepahiang berinovasi dan kreatif, mendorong produk UMKM masuk ke ritel modern. Termasuk toko modern dan berjejaring yang tersebar di semua daerah sehingga para pelaku UMKM tidak lagi kesulitan dengan pemasaran. Langkah ini, sambung Windra, juga untuk menunjang terwujudnya program pemulihan ekonomi yang digadang-gadang pemerintah daerah. 

"Pemkab harus proaktif menggandeng retail modern agar nanti bagaimana hasil produk UMKM bisa masuk retail modern. Jadi, kita mendorong Pemkab melalui instansi terkait seperti Disdagkop UKM untuk melakukan ini. Selain itu, dengan begini para pelaku UMKM tidak lagi kesulitan memasarkan produk mereka," terang Windra.

Politisi NasDem ini lanjut memaparkan, dengan masuknya produk UMKM ke toko modern, nantinya juga bisa mengenalkan produk-produk khas daerah ke masyarakat luas di luar daerah.

"Muaranya dapat meningkatkan produktifitas dan pendapatan UMKM pascapandemi. Tentunya produk-produk UMKM ini harus bisa masuk ke pasar online maupun offline, seperti retail modern," kata Windra.

 

BACA JUGA:Warga Taba Air Pauh Ini 'Pamer' di Depan Dewan

 

Selanjutnya instansi terkait, ditegaskan Windra, harus menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya. Seperti melaksanakan pelatihan, pembuatan dan pengemasan produk bernilai jual. Termasuk memberikan bekal pada pelaku UMKM untuk memenuhi standarisasi produk supaya dapat masuk ke pasar retail. Intinya Pemkab harus dorong produk UMKM masuk ritel modern," demikian Windra.

Sumber: