Bibit Buah Tunggu Distribusi dari Pemerintah Pusat

Bibit Buah Tunggu Distribusi dari Pemerintah Pusat

Foto/Dok : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan.--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP menjelaskan, pada tahun ini senilai Rp 2 miliar bantuan hortikultura akan digelontorkan ke Kabupaten Kepahiang. Rinciannya 6 komoditi yakni cabai, bawang putih, bawang merah, jahe, alpukat, dan kelengkeng. 

Bantuan-bantuan itu dialokasikan pemerintah pusat melalui APBN. Hernawan menerangkan, saat ini hanya dua dari item bantuan hortikultura tersebut yang belum disalurkan kepada masyarakat kelompok petani. Sebab belum didistribusikan dari pemerintah pusat, tingkat daerah hanya menerima bantuan berupa barang. "Masih menunggu distribusi bantuan bibit buah dari pemerintah pusat. Kalau benih hortikultura sudah lebih dulu direalisasikan," kata Hernawan.

 

BACA JUGA:Diajukan Tahun Depan

 

Ia merincikan, bantuan yang sudah terrealisasi diantaranya adalah bantuan cabai yang didistribusikan pada 8 kelompok petani, sedangkan bantuan jahe, bawang putih dan bawang merah juga sudah didistribusikan pada 7 kelompok petani penerima. Selain benih, dikatakannya, kelompok petani penerima mendapatkan bantuan saprodi.

"Kita berharap dengan bantuan tersebut petani dapat mengembangkan komoditi dengan maksimal, meningkatkan produktivitas pertanian untuk kesejahteraan masyarakat petani," jelas Hernawan. Disisi lain, disinggung terkait dengan wilayah kelompok petani penerima, dilanjutkan Hernawan, bukan atas dasar penunjukkan pihaknya dari dinas instansi. Melainkan usulan yang diusulkan hingga ke tingkat pusat berdasarkan proposal yang disampaikan Poktan.

Sumber: