14.253 Warga

14.253 Warga

DOK/RK : Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Kepahiang, Desnita Adelina.--

RK ONLINE - BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Kepahiang mencatat, ada 14.253 warga kurang mampu yang iuran bulanan BPJS Kesehatan ditanggung APBD. Jika dihitung pembiayaannya, anggaran peserta BPJS Kesehatan bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini menghabiskan Rp 6,1 miliar pertahunnya.

Tetapi saat ini dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kepahiang, Desnita Adelina, S.KM, hanya ada 11.358 warga Kabupaten Kepahiang yang menjadi peserta PBI ditanggung APBD. Disinggung soal include anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kabupaten Kepahiang, menurutnya tidak semua digunakan.

"Alokasi penerima PBI APBD Kepahiang memang sebanyak 14.253, akan tetapi sekarang peserta 11.358. Angka itu memang kumulatif berdasarkan data yang diajukan oleh Dinas Kesehatan. Namun tagihan atau dalam hal ini iuran yang dibayarkan pada BPJS, itu sesuai dengan jumlah peserta. Jika akumulasi anggaran Rp 6,1 miliar, kalau tidak terpakai seluruhnya maka kembali ke Kasda," jelas Desnita.

 

BACA JUGA:Kuota BPJS Dana Pemerintah Masih Ada Untuk 2.895 Peserta

 

Terkait masih banyaknya kemungkinan penambahan kuota penerima PBI yang kisaran 3.000-an peserta lagi, diterangkan Desnita, mengenai penambahan atau pun pengurangan penerima PBI merupakan ranah Dinas Kesehatan. "Bisa saja ada pengurangan ataupun penambahan peserta PBI, tapi itu ranahnya Dinkes," ujar Desnita. Disisi lain, selain belasan ribu warga Kabupaten Kepahiang yang tercatat sebagai penerima PBI APBD Kepahiang, terdapat 63.623 warga yang tercatat sebagai peserta PBI ditanggung APBN. (rfm)

Sumber: