Ratusan Nakes Segera Disuntik Booster II

Ratusan Nakes Segera Disuntik Booster II

DOK/RK : Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Wisnu Irawan, S.Kep, MM--

RK ONLINE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang sudah menerima kiriman 195 Vial vaksin jenis Moderna. Karena itu dalam waktu dekat ini, 936 Tenaga Kesehatan (Nakes) disuntikan Booster ke II. Nakes yang akan dsuntikan Booster ke II merupakan Nakes yang sudah disuntik Booster I pada 6 bulan lalu. Langkah ini dilakukan Dinkes Kabupaten Kepahiang mengikuti Surat Edaran (SE) Kemenkes RI Nomor HK.02.02C/3615/ 2022 tentang Vaksinasi Covid-19 booster ke II bagi SDM Kesehatan. Serta mengikuti turunan SE Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Nomor 2911/440. IV.I. Kes/VII/ 2022 tertanggal 28 Juli 2022.

Kepala Dinkes Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, S.KM, M. Si melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Wisnu Irawan, S.Kep, MM mengatakan, sebenarnya terhitung 29 Juli lalu Nakes sudah diperbolehkan menerima suntikan vaksin Booster ke II. Hanya saja, kendala yang ditemukan vaksinnya belum tersedia sehingga ada penundaan penyuntikan.

"Sekarang vaksinnya sudah kita terima 195 Vial. Dengan itupula seluruh Puskesmas, RSUD termasuk Dinkes sendiri sudah mulai melakukan penyuntikan terhadap Nakesnya masing - masing," kata Wisnu. 

Mengapa harus menggunakan vaksin jenis Moderna, karena mayoritas Nakes Kabupaten Kepahiang menggunakan Moderna pada Booster I. Dengan telah diterima vaksin Moderna ini, tidak ada alasan lagi bagi Nakes untuk tidak vaksin Booster II.

"Sesuai dengan SE yang kita terima, penerapan Booster ke II ini khusus untuk Nakes terlebih dahulu, belum ada instruksi untuk masyarakat umum. Jika nantinya ada instruksi untuk masyarakat, tentu juga akan kita laksanakan," ujar Wisnu. 

Lebih lanjut dijelaskan Wisnu, untuk vaksin Booster dosis II dalam aturannya telah disebutkan, jika Booster I vaksin Moderna maka booster II vaksinnya juga jenis Moderna, tidak bisa diberikan vaksin jenis lain. Untuk jangka waktunya tetap sama, yakni Nakes sudah berjarak 6 bulan dari vaksin Booster I. "Jadi kepada Nakes yang sudah 6 bulan setelah disuntikan Booster I, kami imbau untuk segera Booster II," demikian Wisnu.

Sumber: