Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita

Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita

DOK/RK : FOTO : Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi, MM foto bersama dengan pemenang lomba.--

RK ONLINE - Dalam meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong menggelar berbagai perlombaan. Mulai lomba perpustakaan tingkat SMA/SMK sederajat hingga lomba bercerita tingkat SD sederajat. Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi, MM berharap kegiatan ini bisa memacu semangat anak-anak untuk gemar membaca dalam meningkatkan ilmu pengetahuan.

"Kami berharap lewat kegiatan ini, anak-anak semakin menyukai membaca. Tentu hal ini akan berdampak terhadap meningkatnya kualitas SDM dari banyaknya ilmu yang diperoleh dari membaca, " ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip daerah Rejang Lebong, Bambang Budiono mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai positif khususnya meningkatkan minat baca kalangan pelajar di Rejang Lebong.

"Agar minat baca meningkat, maka kita harus mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kehidupan, memotivasi dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca, " jelasnya. 

 

BACA JUGA:Banyak Desa Belum Cairkan DD Tahap II

 

 

Ditambahkanya, lomba yang dilaksanakan merupakan salah satu wadah dalam meningkatkan rasa percaya diri pelajar untuk mengembangkan kemampuan anak berekspresi. Untuk meningkatkan minat peserta, pihaknya juga menyiapkan berbagai hadiah bagi peserta yang keluar sebagai juara.

"Dalam lomba ini untuk juara pertama lomba perpustakaan tingkat SMA sederajat dimenangkan oleh SMA Negeri 03 Rejang Lebong. Sementara untuk lomba bercerita juara pertama dari SD Islam Terpadu Rabbi Radiyah (SDIT RR), juara II Syarifah dari SDN 02 Rejang Lebong dan Juara III Raditya dari MIN 1 Rejang Lebong. Kami akan berupaya kegiatan ini menjadi agenda tahunan, " singkatnya.

Sumber: