Melalui Manasik Haji, Tanamkan Dasar Keimanan dan Ketaqwaan Sejak Usia Dini

Melalui Manasik Haji, Tanamkan Dasar Keimanan dan Ketaqwaan Sejak Usia Dini

DOK/Rk : PAKAI : Anak-anak RA menggunakan pakaian ihram dalam rangka manasik haji. --

RK ONLINE - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang mendukung upaya menumbuhkembangkan anak sesuai ajaran agama, tanpa mengabaikan kemajuan teknologi saat ini. Salah satu contohnya melalui kegiatan manasik haji seperti yang dilaksanakan peserta didik Raudhatul Athfal (RA). 

Menurut Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag MH, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menanamkan dasar-dasar keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT dan memberikan pengenalan rukun Islam kelima kepada anak sejak usia dini. "Agar peserta didik RA dalam hal ini masih berusia dini, bisa terbiasa dan memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji. Hal ini salah satu upaya menanamkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah," jelas Lukman.

 

BACA JUGA:Manasik Haji Tingkat Kabupaten Dimulai

 

Ditambahkan Lukman, kegiatan manasik haji yang dilaksanakan oleh IGRA ini dapat terus ditingkatkan untuk menumbuh kembangkan kecintaan peserta didik terhadap ajaran agama Islam. Ia pun berharap agar IGRA sebagai salah satu kepanjangan tangan dari Kementerian Agama dapat terus menerus meningkatkan kiprahnya di masyarakat.

Sebab, diakui Lukman, Kementerian Agama tentu tidak akan mampu menjangkau banyaknya RA di Kabupaten Kepahiang secara langsung tanpa dibantu oleh IGRA. "Hal terpenting adalah mengupayakan agar mereka memahami kaifiyyah haji. Untuk mewujudkan hal itu harus terus di dorong oleh Guru dan orang tua masing-masing," ujarnya.

Sumber: