DD Juga untuk..

DD Juga untuk..

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH --

RK ONLINE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepahiang mengingatkan agar merealisasikan dana desa TA 2022 yang mencakup penanganan Covid-19 dan fokus pada pemulihan ekonomi pedesaan dapat dilaksanakan dengan maksimal. Hal ini disampaikan Kadis PMD Iwan Z Kurniawan, SH menjelaskan mengenai ini sesuai dengan intruksi pemerintah pusat, yakni prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 mencakup kegiatan pemulihan ekonomi di desa, melalui program perlindungan sosial dan penanganan Covid-19.

Ia menambahkan penggunaan dana desa juga diarahkanm untuk mencapai SDGs desa, sesuai dengan potensi dan masalah desa setempat sesuai hasil pendataan IDM (indeks desa membangun) berbasis SDGs desa 2021. "Prioritas utama adalah pemulihan ekonomi desa dan kegiatan penanganan covid-19, wajib dicantumkan oleh pemerintah desa dalam menyusun rencana kerja pemerintah desa tahun mendatang, yakni prioritas penggunaan dana desa," jelas Iwan.

Dijelaskannya, 18 tujuan SDGs desa, yaitu mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, serta desa layak air bersih dan sanitasi. SDGs juga menyasar terwujudnya desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, desa tanpa kesenjangan, kawasan permukiman desa aman dan nyaman.

Dalam aspek lingkungan, ia menambahkan, SDGs desa menekan konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan, desa tanggap perubahan iklim, desa peduli lingkungan. "Desa hendaknya mencapai damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, kemudian mengedepankan pembangunan desa berdasarkan musyawarah bersama dengan masyarakat," tutupnya. (rfm)

 

Sumber: