12 Tahun Geluti Hobi, Andry Ferdian Juarai Balap Sepeda Tingkat Nasional

12 Tahun Geluti Hobi, Andry Ferdian Juarai Balap Sepeda Tingkat Nasional

Andry Ferdian (Baju merah dari sebelah kanan) berhasil menjuarai balapan sepeda tingkat nasional--

RK ONLINE - Andry Ferdian, warga Desa Imigrasi Permu Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, berhasil mengukir prestasi tingkat nasional. Tidak hanya untuk dirinya pribadi, hobinya menunggangi sepeda, membuatnya berhasil mengharumkan nama baik Kabupaten Kepahiang dan Provinsi Bengkulu

BACA JUGA:Sidang Kasus Aborsi Maut, Ahli Forensi Beberkan Penyebab Kematian Korban

Setelah mengikuti sejumlah kejuaraan yang dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia, belum lama ini dia mengikuti event balap sepeda tingkat nasional Silampari Cycling 2022 MTB dan Road Races yang dilaksanakan di Lubuk Linggau Sumatera Selatan (Sumsel), 5 - 7 Agustus 2022. Dari sekitar 400 peserta yang berasal dari berbagai provinsi, dalam perlombaan tersebut pria kelahiran Kepahiang 10 Mei 1984 ini, berhasil pulang dan menyabet juara III untuk kelas master B XCO MTB. Untuk terbaik I diraih peserta dari Sumsel, juara II dari Jawa Timur. Sedangkan untuk juara IV dari Riau dan juara V dari Provinsi Jambi. 

 

"Alhamdulillah Kabupaten Kepahiang meraih juara III dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1,25 juta," ungkap Andry Ferdian. 

BACA JUGA:Akibat Bencana, 12 Infrastruktur Rusak Belum Diperbaiki

Dia mengakui jika hobi bersepeda ini, mulai digelutinya sejak 2010 lalu. Sejak saat itu, dia sudah sering mengikuti event balap sepeda dan sering membawa pulang gelar juara. Namun disayangkannya, hingga sejauh ini perhatian dari pemerintah khususnya Pemkab Kepahiang dinilai masih kurang terhadap olahraga sepeda.

 

"Buktinya untuk saya ikut lomba di Lubuk Linggau belum lama ini, saya menggunakan uang pribadi. Sementara Pemkab Kepahiang masih minim dukungan. Padahal sepeda merupakan olahraga yang juga perlu pembinaan. Apa lagi yang sudah berpotensi meraih juara," ucap Andry Ferdian. 

 

Diceritakan Andry Ferdian, dia sudah mengikuti event balap sepeda di 7 daerah baik di Provinsi Bengkulu maupun di luar Provinsi Bengkulu. 

"Di Kepahiang ketika itu pernah mendapatkan juara I, II dan juara III, Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan juara III dan IV. Pernah juga ikut lomba di Kota Bengkulu, Lahat, Lubuk Linggau, Musi Banyu Asin dan di Padang Sumatera Barat. Hasilnya juara II dan juara V," bebernya.

BACA JUGA:Dorong Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf

Dalam mengikuti setiap kejuaraan balap sepeda lanjut Andry, dirinya rela merogohkan uang pribadi karena sudah menjadi hobi. Namun kedepan dirinya tetap berharap, Pemkab Kepahiang dapat memberikan perhatian terhadap penggemar olahraga sepeda yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Sumber: