Belasan KIS "Dibuang" di Tempat Sampah

Belasan KIS

Tahun 2023 Pemegang kartu KIS BPJS bisa dan berpotensi mendapatkan Bansos atau saldo Dana gratis dari pemerintah/Foto: Ilustrasi-Dokumen-Radar Kepahiang

RK ONLINE - Penemuan belasan KIS yang berserakan di tempat sampah Kelurahan Kampung Pensiunan Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Minggu (3/7/22) masih belum diketahui motifnya. Namun dengan jumlah yang tidak sedikit dan tempat penemuannya di tempat sampah yang sama, dugaannya kuatnya belasan kartu sehat ini memang sengaja dibuang oleh pelakunya. 

BACA JUGA:Vaksin PMK Hewan Kurban Dibatasi 5 Juli

Andrian Haris (48), warga Kampung Pensiunan mengatakan kalau 11 keping KIS ini, ditemukan di tumpukan sampah yang tidak jauh dari kediamannya. Dirinya yang saat itu berniat membuang sampah, melihat ada belasan KIS di tempat sampah. Meskipun sudah kotor, Andrian mengatakan jika belasan KIS ini masih terlihat baru. Diduga sengaja dibuang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, Andrian langsung mengambil dan mengamankan belasan KIS ini ke rumah miliknya. Bukan hanya itu, dirinya juga berinisiatif untuk menyebarkan informasi penemuan KIS ini melalui laman Facebook Andrian Haris.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Petani Ujan Mas Ditemukan Tewas

"Penemuan belasan KIS BPJS Kesehatan ini sudah kami sebarluaskan di laman FB. Bagi yang ada namanya silakan diambil. Kami amankan karena KIS ini penting. Tadi saat ditemukan, saya sedang kebersihan dan ingin membuang sampah di tempat sampah yang tidak jauh dari rumah," sampai Andrian yang beralamat tidak jauh dari Puskesmas Pasar Kepahiang ini.

 

Dikatakan Andirian jika dari 11 KIS yang ditemukannya, memiliki nama, alamat dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang berbeda-beda. Selain Kelurahan Pasar Kepahiang, alamat pemilik KIS ini tertera di Kelurahan Pensiunan dan Embong Ijuk. 

 

"Untuk motifnya saya tidak tahu. Tapi sesuai alamat yang tertera, mayoritas adalah KIS warga Kelurahan Pasar Kepahiang," jelasnya. 

 

Terkait terduga pelakunya, Andrian mengaku jika saat menemukannya dia tidak melihat ada orang di tempat pembuangan sampah tersebut. Sampai saat ini dia belum menyerahkan temuan belasan KIS tersebut kepada aparat setempat atau pihak-pihak lain. Karena dia sudah menyerbarluaskan informasi lewat media sosial dan menginformasikan jika kartu sehat tersebut ada di rumah miliknya. 

BACA JUGA:57 Orang Daftar Bawaslu Provinsi

"Saya tidak tahu apakah KIS BPJS Kesehatan ini aktif atau tidak. Yang jelasnya kartu BPJS Kesehatan ini penting sehingga tadi (Kemarin, red) langsung saya amankan. Ada yang Faskes Kelas I dan ada juga Faskes Kelas II," bebernya. 

 

Sumber: