Jemaah Haji Wukuf di Arafah yang Diperkirakan pada 8 Juli

Jemaah Haji Wukuf di Arafah yang Diperkirakan pada 8 Juli

DOK/RK : IKUTI : Seluruh rombongan kloter termasuk JCH Kepahiang mengikuti manasik jelang puncak haji di Armuzna.--

Semua Jemaah Haji Kepahiang Sehat 

 

RK ONLINE - Berdasarkan rencana perjalanan haji tahun 1443 H tahun 2022, pelaksanaan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah 1443 diperkirakan bertepatan dengan 8 Juli 2022 atau jatuh pada hari Jumat. Jadwal tersebut dikatakan Kakan Kemenag Kepahiang, H. Lukman, S.Ag MH melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Zulfakar Alamsyah, S.Ag Senin (27/6). Menurutnya, menghadapi wukuf di Arafah, para jemaah haji diimbau untuk berkemas terkait keperluan selama wukuf nantinya.

Dikatakan Zulfakar, untuk mematangkan pelaksanaan wukuf di Arafah yang merupakan inti dari pada perjalanan ibadah haji di tanah suci, para jemaah diikutsertakan untuk mengikuti bimbingan manasik haji.

"Wukuf ini diperkirakan jatuh pada tanggal 8 Juli atau 9 Dzuhijjah, sehingga mempersiapkannya jemaah harus mengikuti bimbingan manasik haji. Diantaranya lempar jamarot, tahalul awal, tawaf ifadah, sai dan tahalul tsani," jelas Zulfakar.

Dia menerangkan, wukuf harus dilaksanakan oleh jemaah. Karena wukuf merupakan salah satu rukun haji yang wajib dilakukan. Dapat disebutkan, wukuf merupakan kegiatan berdiam diri di Padang Arafah dan merupakan inti dari ibadah haji.

"Sementara menunggu inti pelaksanaan itu, jemaah melaksanakan serangkaian ibadah disamping shalat di Masjidil Haram, tawaf dan menyimak bimbingan dari petugas kloter, baik itu informasi terkait manasik haji maupun terkait kesehatan. Saat ini seluruh jemaah kita diinformasikan dalam keadaan sehat," demikian Zulfakar.

Pewarta : Reka Fitriani/Krn

Sumber: