UMKM Binaan PLN dan Rumah BUMN Ramaikan Pasar Senggol Turkey

UMKM Binaan PLN dan Rumah BUMN Ramaikan Pasar Senggol Turkey

Foto/Ist : UMKM Kepahiang dan Jambi Binaan PLN dan Rumah BUMN ramaikan Pasar Senggel di negara Turki.--

Komitmen Dorong UMKM Go Global

RK ONLINE - PT PLN (Persero) bersama BRI, BNI, Telkom Indonesia, Pertamina dan Bank Mandiri mengikutsertakan UMKM binaannya dalam pameran dagang, bazar kuliner dan festival budaya terpadu bertajuk Festival Pasar Senggol Turkey. Kegiatan yang dilaksanakan di Halic Congress Center, Istanbul dari 3 - 6 Juni 2022 ini, diselenggarakan oleh Komunitas ekonomi diaspora dan perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) Turki dengan didukung penuh, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul dan diikuti tidak kurang dari 80 UMKM dari Indonesia.

Pasar Senggol Turki merupakan festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki. Ide Pasar Senggol ini tercetus dari beberapa pengalaman diaspora Indonesia yang berada di Turki dan seringkali berpartisipasi dalam suatu festival tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas di Turki. Seperti Thailand market, International Woman of Istanbul (IWI) dan bazar lainnya.

Ajang ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi dan pemasaran produk UMKM Indonesia kepada pasar international. Selain itu juga menjadi angin segar bagi para pelaku usaha diaspora Indonesia dan Turki, agar dapat selalu produktif, kreatif dan inovatif untuk mengembangkan produknya. Tentunya ini adalah salah satu platform yang sangat dinanti untuk mengembangkan aktifitas perekonomian yang telah surut di masa pandemi.

Pasar Senggol Turki ini dihadiri dan dibuka Duta Besar Republik Indonesia Turki di Ankara, Dr. Lalu Muhamad Iqbal. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun, karena selain sebagai ajang promosi bisnis produk lokal Indonesia kepada dunia, juga sebagai salah satu ajang silaturahmi WNI di Turki yang saat ini, berjumlah kurang lebih 7.000 orang.

 

Foto/Ist : UMKM Kepahiang dan Jambi Binaan PLN dan Rumah BUMN ramaikan Pasar Senggel di negara Turki.

 

"Dengan adanya festival ini, diharapakan diaspora dapat meningkatkan kerja sama ekonomi antar negara serta dapat melestarikan kebudayaan Indonesia di Turki. Selain itu juga dapat mendorong terciptanya produk unggulan yang dapat dipasarkan di pasar bebas Turki dengan sasaran, arah dan strategi yang baik dan benar", ungkapnya.

Konsul Jenderal Republik Indonesia Istanbul, Imam As'ari dalam berita yang dilansir dari laman kemlu.go.id mengatakan, Festival Pasar Senggol Turkey diharapkan menjadi ikon kegiatan ekonomi dan budaya diaspora Indonesia di Turki yang diselenggarakan reguler setiap tahunnya. Seiring dengan persiapan Festival Pasar Senggol, para diaspora ekonomi Indonesia di Istanbul dengan dipandu KJRI Istanbul juga menggagas terbentuknya Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI).

"Diharapkan dapat menjadi wadah tukar informasi, kolaborasi dan pemberdayaan pelaku usaha dan calon wirausaha diaspora Indonesia di Istanbul dan wilayah lainnya di Turki," ucapnya.

Terpisah, Arya Sinulingga selaku staffsus Kementrian BUMN melalui daring menyampaikan bahwa Kementerian BUMN selalu berkomitmen untuk memajukan bisnis UMKM Indonesia. Salah satunya melalui Program Rumah BUMN yang fokus membina UMKM lokal untuk berkembang melalui Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global.

"Berbagai program terus kita lakukan, seperti Rumah BUMN yang menjadi tempat bagi UMKM untuk berkembang, lebih kreatif, go digital dan go global dengan pendampingan dari BUMN. Bukan hanya pendampingan, BUMN juga mendukung dari sisi pembiayaan bahkan hingga pemasaran seperti yang kita lakukan di Turki ini. Kementrian BUMN berkomitmen membawa UMKM untuk bisa membuka market baru," papar Arya.

Kordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) sebagai ketua penyelenggara yaitu Faruq Ibnul Haqi menyampaikan, kegiatan ini nantinya direncanakan dapat di lakukan di 60 negara yang terdapat pelajar Indonesia. Dengan harapan para pelajar Indonesia di negara tersebut juga dapat membantu dalam memasarkan produk unggulan Rumah BUMN.

Sumber: