Dengan TPBIS, Desa Air Sempiang Maksimalkan Perpusdes

Dengan TPBIS, Desa Air Sempiang Maksimalkan Perpusdes

Foto/Jimmy : Perpusdes Air Sempiang yang nampak ramai dikunjungi masyarakat.--

RK ONLINE - Sebagai desa yang bermitra dalam menjalankan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu mulai menjalankan pelayanan Perpustakaan Desa (Perpusdes). Bahkan dari pantauan Radarkepahiang.id, Selasa (14/6/22) melibatkan banyak lapisan masyarakat dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Perpusda), Pemdes Air Sempiang mulai memaksimalkan pelayanan Perrpusdes miliknya.

Kades Air Sempiang, Mugianto menuturkan jika sejak jauh hari sebelum bermitra dengan Perpusda, dirinya sudah mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya pemuda desa yang dipimpinnya, agar membiasakan diri dengan buku bacaan. Karena menurut Mugianto, dengan banyak membaca Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Air Sempiang menjadi semakin berkualitas dan berkompeten.

"Sebelumnya memang saya sudah mengajak masyarakat untuk membiasakan diri membaca. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM kami di desa," ujar Mugianto.

Banyak keutamaan dari hobi membaca lanjut Kades, salah satunya adalah untuk menambah wawasan. Dirinya juga berharap agar buku bacaan di desa setempat semakin banyak. Sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan dalam membaca buku yang menurut mereka menarik untuk dibaca.

"Tentunya saya harap persediaan buku semakin banyak. Sehingga masyarakat juga bisa memilih buku bacaan apa yang menurutnya menarik," lanjutnya.

Tidak hanya dijadikan sebagai taman membaca saja, Perpusdes ini juga dijadikan sebagai tempat digelarnya Posyandu. Hal ini sangat sejalan dengan program TPBIS yang didalamnya, memuat tentang Perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat.

"Iya kemaren juga kami laksanakan Posyandu di Perpustakaan. Dengan demikian masyarakat yang menunggu giliran bisa sambil bersantai membaca buku untuk menghilangkan kejenuhan," jelas Mugianto.

 

 

Dikonfirmasi terpisah Kabid Pelayanan Perpusda Kabupaten Kepahiang, Sadikin S.Pd mengaku sangat mengapresiasi kinerja Pemdes terhadap Perpusdes di desa ini. Menurutnya dari 7 desa yang bermitra dengan Perpusda, Perpusdes ini merupakan salah satu yang paling aktif dan banyak dikunjungi masyarakat.

"Kegiatan apapun boleh saja dilakukan di Perpusdes, asalkan positif. Seperti yang dilakukan Desa Air Sempiang, mereka menggelar Posyandu di Perpustakaannya dan itu sejalan dengan program TPBIS. Sangat bagus dan patut diapresiasi," singkat Sadikin.

Pewarta : Jimmy Mayhendra/Adv

Sumber: