Layanan Call Center 112, Permudah Warga Kota Bengkulu Atasi Kedaruratan

Layanan Call Center 112, Permudah Warga Kota Bengkulu Atasi Kedaruratan

RK ONLINE - Guna mempermudah masyarakat dalam hal keadaan gawat darurat Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bengkulu telah mengaktifkan layanan panggilan darurat 112. Kepala Dinas Kominfo kota Bengkulu, Drs. Eko Agusrianto, M.Si mengatakan, program layanan panggilan darurat 112 dibuat oleh dinas kominfo kota Bengkulu sebagai wujud pelaksanaan dari visi misi pemkot Bengkulu. "Pemkot menjadi yang pertama menjalankan program layanan 112 yang ada di provinsi Bengkulu. Layanan ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat kota Bengkulu. Jadi siapapun masyarakat itu bisa menghubungi 112 dan bebas pulsa", ungkap Eko, Jumat (25/3). Ia menambahkan, layanan ini di khususkan bagi masyarakat terkait keadaan darurat seperti kebakaran, dimana dengan panggilan yang tepat pihaknya langsung hubungkan dengan pemadam kebakaran. Termasuk juga kecelakaan, atau keadaan darurat lainnya yang akan langsung dihubungkan ke OPD atau pihak terkait yang mampu menangani. Layanan ini beroperasi selama 24 jam serta memiliki 12 petugas operator secara piket untuk mengontrol panggilan masuk. "Layanan cepat dari pemerintah hadir ditengah persoalan-persoalan masyarakat yang menyangkut kedaruratan sangat dibutuhkan saat ini. Namun di dalam pelaksanaannya, program ini masih baru yang tentunya belum sempurna sehingga masih butuh proses. Kita tetap komitmen menjalankan s3cara optimal baik dari call centernya maupun operator dan OPD yang terlibat", jelas Eko. Lebih lanjut, setiap ada laporan ke pihaknya pasti nomor pelapor akan terekam semua, termasuk siapa petugas piket, bagaimana cara menjawab dan lainnya. "Termasuk mengatasi masyarakat yang iseng, jika sudah 4 kali main-main dengan panggilan maka nomor tersebut akan terblokir dengan sendirinya", pungkas Eko.   Pewarta : gatot Julian/Krn

Sumber: