Disperkan RL Keliling Desa Suktik Vaksin Anti Rabies

Disperkan RL Keliling Desa Suktik Vaksin Anti Rabies

RK ONLINE - Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperkan) Kabupaten Rejang Lebong melalui Bidang Peternakan melaksanakan penyuntikan vaksin anti rabies terhadap hewan ternak dan hewan liar.

Kegiatan ini sudah dilakukan sejak sepekan ini dengan cara mendatangi desa/kelurahan secara bergantian. Seperti disampaikan Kabid Peternakan Disperkan Rejang Lebong, Hendra Yani, SP, Selasa (28/04/2020). Menurutnya, penyuntikan vaksin rabies terhadap hewan akan dilakukan ke seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong.

"Kita berkeliling dari desa satu ke desa lainnya. Sebab kita melakukan penyuntikan ini secara bergantian. Lantaran kita kekurangan personil penyuntikan vaksin rabies ini. Kita juga melakukan penyuntikan vaksin secara door to door karena saat ini tidak boleh mengumpulkan orang dalam jumlah banyak," kata Hendra.

Diterangkan Hendra, penyuntikan vaksin hanya dilakukan untuk hewan yang tergolong memiliki penyakit rabies saja yakni anjing, kucing dan kera. Untuk di Rejang Lebong sendiri hewan peliharaan terbanyak yakni anjing dan kucing. Baca Juga : Telat Lunasi PBBP2 Didenda 2 Persen

"Dalam satu tahun minimal satu kali kita melakukan pemmeriksaan dan penyuntikan Vaksin rabies. Saat ini populasi hewan peliharaan yang paling banyak itu adalah anjing pemburu," terang Hendra.

Hendra menambahkan, untuk anjing liar yang ada di jalan-jalan tidak dapat pihaknya lakukan penyuntikan vaksin rabies. Sejauh ini di Rejang Lebong belum ada yang terkena gigitan anjing rabies.

"Kemudian belum ada juga hewan yang memiliki tanda-tanda rabies. Meskipun begitu, kita imbau masyarakat tetap waspada. Ya bagi yang memiliki hewan peliharaan kita berharap melaporkannya kepada kita agar dapat melakukan penyuntikan vaksin rabies," pungkasnya. Pewarta : Riyadi Gultom Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: