10 Armada Damkar Disiapkan untuk Penyemprotan Disinfektan

10 Armada Damkar Disiapkan untuk Penyemprotan Disinfektan

RK ONLINE - Semua pihak harus terlibat dalam melawan penyebaran virus corona atau (Covid-19), mulai dari dinas instansi hingga masyarakat sipil. Seperti di Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) menyiapkan 10 armadanya untuk digunakan menyemprot disinfektan. Penyemprotan secara masal dilaksanakan pihak Dinas Damkar Rejang Lebong bersama Polres Rejang Lebong.

"Kita menyiapkan 10 armada guna menyemprotkan disinfektan. Penyemprotan dilakukan dibeberapa wilayah. Ada 5 armada disiapakan menyemprotkan disinfektan di Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kota Padang, PUT, Bermani Ulu dan di wilayah kota. Sementara 5 armada kita lainnya disiapkan di mako besar untuk penyemprota di kota serta seputaran kota curup," jelas Kepala Dinas Damkar Rejang Lebong, Sumardi, Senin (30/03/2020). Baca Juga : Kapolda Pimpin Langsung Pemasangan Police Line di Masjid Agung At Taqwa

Disampaikan Sumardi, selain armada yang telah disiapkan pihaknya juga telah menyiapkan personil yang menyemprotkan disinfektan. "Penyemprotan dibantu dari pihak Polres dan pihak Satpol PP. Masing-masing armada akan kita tempatakan 5 hingga 6 orang untuk melakukan penyemprotan. Untuk anggota Damkar sendiri akan kita bagi dalam 2 gruop, untuk mengawasi khusus kota dan khusus kecamatan. Masing-masing group akan mengawasi 5 armada," terangnya.

Sumardi mengungkapkan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini akan melibatkan juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di lingkungan Pemkab Rejang Lebong. Seperti Dinkes, Disperkan, BPBD bahkan PDAM. "Masing-masing OPD memiliki peran dalam kegiatan penyemprotan Disinfektan besok (Hari ini, red). Kita dari Dinas Damkar hanya menyediakan mobil. Sedangkan untuk obatnya itu disediakan Dinkes, PDAM dan Disperkan. Untuk rute penyemprotan, pihak polres dan pihak dinas kesehatan yang menetukan," tutupnya. 

Pewarta : Riyadi Gultom

Editor    : Candra Hadinata 

Sumber: