Lawan Penyebaran Virus Corona, Pemdes dan Puskesmas Bekerjasama

Lawan Penyebaran Virus Corona, Pemdes dan Puskesmas Bekerjasama

RK ONLINE - Mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kora saja. Karena ini menjadi tugas semua pihak termasuk Pemerintah Desa (Pemdes) yang menjadi ujung tombak pemerintah. Begitu pun dengan Puskesmas yang menjadi ujung tombak di bidang kesehatan masyarakat.

Karena itulah Pemdes Pelangkian bersama Puskesmas Kelobak, Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang melakukan bersih-bersih lingkungan, Jum'at (27/03/2020) pagi. Langkah serupa juga dilakukan Pemdes Pematang Donok, Kecamatan Kabawetan.

Di Desa Pelangkian, kegiatan bersih-bersih lingkungan dibantu pihak kecamatan, babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat setempat. Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini disertai penyemprotan Disinfektan di tempat pelayanan umum, sarana ibadah, rumah warga, sekolah serta jalan raya. Baca Juga : Ini Penjelasan OJK Soal Kelonggaran Cicilan Kredit Dampak Covid-19

Kades Pelangkian, Sugandi menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk antisipasi dan mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Kepahiang khususnya Desa Pelangkian mulai dari dusun I-IV. "Kita berharap masyarakat Desa Pelangkian tidak terjangkit virus mematikan ini. Makanya saran dan petunjuk pemerintah harus kita ikuti," kata Sugandi. 

Menurut Sugandi, penyemprotan Disinfektan juga dilaksanakan sesudah sholat Jum'at dan penyemprotan akan dilakukan 14 hari sekali. "Saya selaku Kades juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu hidup sehat. Biasakan mencuci tangan pakai sabun, memakai pelindung diri seperti masker ketika ingin berpergian. Perbanyak dian di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini " sampainya.

Sekdes Pelangkian, H. Ersaloni selaku koordinator kegiatan menambahkan, pencegahan Covid-19 dengan penyemprotan Disinfektan dilakukan menggunakan Dana Desa (DD) yakni anggaran Bimtek perangkat desa.

"Jadi anggaran Bimtek perangkat desa kita alihkan untuk kegiatan penyemprotan Disenfektan Covid-19 ini. Untuk anggaran Bimtek perangkat desa bisa kita anggarankan lagi nanti melalui APBDes perubahan. Yang terpenting sekarang ini arahan pak Presiden sudah kita jalankan guna memutuskan rantai penyebaran Covid-19," tegasnya.

Senada disampaikan Kades Pematang Donok, Kecamatan Kabawetan, Ahmad Arpandi. Dikatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan di tempat-tempat umum. Langkah ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari arahan pemerintah pusat dan daerah. "Mudah-mudahan di Kabupaten Kepahiang dan seluruh daerah di Provinsi Bengkulu tidak ada yang postif corona," pungkasnya. Pewarta : Suhai/Dwi Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: