Danau Talang Kering Dijadikan Objek Wisata Kano

Danau Talang Kering Dijadikan Objek Wisata Kano

RK ONLINE - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini, Minggu (23/2) mengatakan, selama ini danau talang kering belum ternanfaatkan secara maksimal sebagai objek wisata. Karena hanya digunakan sebagai tempT memancing dan bermain air. Oleh sebab itu Dispar Rejang Lebong akan mengelola dan menjadikannya objek wisata.

"Sudah berpuluh-puluh tahun danau talang kering dibiarkan terbengakalai oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu. Dengan terbengkalainya danau talang kering ini, kita dari Dinas Pariwsata Rejang Lebong mengambil alih untuk menjadikan danau talang kering objek wisata," kata Upik.

Di 2019 lalu, sambung Upik, pihaknya sudah mengajukan surat ke Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk mengambil alih danau talang kering agar bisa dikelola jadi objek wisata. "Danau talang kering akan kita renopasi dan akan kita tempatkan perahu Kano disana. Supaya danau talang kering dapat menjadi salah satu obejk wisatata perahu Kano," jelasnya.

Menurut Upik, perahu kano sudah pihaknya beli dengan mengunakan APBD 2019 lalu sebanyak 10 unit. Saat ini sedang dilakukan uji coba keno di danau talang kering bersama warga serta pengelola.

"Yang akan mengelola keno ini nanti warga sekitar. Saat ini sudah 3 unit kita tempatkan di danau talang kering untuk kegiatan uji coba. Kegiatan uji coba ini sekaligus mempromosikan wisata kano danau talang kering. Warga yang datang bisa ikut mencoba menggunakan perahu kano ini, nanti ada instrukturnya yang memandu," paparnya.

Upik menambahkan, 10 unit perahu kano ini akan dikelola dengan cara kerja sama dengan kelompok. "Kita juga nantinya akan menambah permainan lainya disana selain perahu kano. Kalau memang antusias wisatawan berkunjung di danau talang kering tinggi.

Sejauh ini, tambah Upik, pihaknya juga belum dapat menunjuk siapa saja yang akan menjadi pengelola perahu kano. Karena ada syarat untuk menjadi pengelola yaitu harus memiliki pengalaman dalam mengunakan kano dan kemudian bisa berenang.

"Sebelum seluruh perahu kano kita tempatkan di danau talang kering, terlebih dahulu kita akan merapikan serta merenovasi fasilitas dan mempercantik lagi fasilitas yang sudah ada." demikian Upik. Pewarta : Riyadi Gultom Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: