RSUD M Yunus Punya Alat Penghancur Batu Ginjal

RSUD M Yunus Punya Alat Penghancur Batu Ginjal

RK ONLINE - Masyarakat di Provinsi Bengkulu, ke depan tidak perlu lagi untuk menjalani operasi batu ginjal. Karena saat ini di RSUD M Yunus sudah tersedia alat penghancur batu ginjal. Alat yang bernama Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) ini dilncurkan pelayanannya langsung Gubernur Bengkulu, DR. H. Rohidin Mersyah, Kamis (13/02/2020).

"Kualitas SDM Kesehatan di daerah kita serta sarana dan prasarana yang mengikuti kemajuan teknologi dunia medis terus dilakukan. Salah satunya konsep pelayanan unggulan Bedah Urologi ini," jelas Rohidin.

Rohidin menerangkan, ESWL sendiri merupakan media yang menggunakan alat pancar gelombang kejut yang dikonsentrasikan di sekitar ginjal. Berguna untuk menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan bersama urine (Air kencing). Prosedur ini cukup efektif menghancurkan batu ginjal dengan diameter kurang dari 2 centimeter. Baca Juga : Masyarakat Enggano Gugat Cerai Pemkab Bengkulu Utara

"ESWL adalah teknologi terbaru dalam tata laksana tindakan pada batu ginjal. Pada prinsipnya tindakan ESWL itu menggunakan gelombang kejut yang diarahkan dari luar tubuh pasien ke Ginjal," terangnya.

Ditambahkan Rohidin, ESWL ini tindakan untuk peluruh batu ginjal dengan prosedurnya hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Artinya, pasien datang pagi hari kemudian siangnya sudah bisa pulang. "Layanan baru ini ditanggung sepenuhnya oleh BPJS kesehatan. Jadi pasien sama sekali tidak membayar untuk menjalani prosedur ESWL meskipun lebih dari satu kali," demikian Rohidin. Pewarta : Febri Yulian Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: