Pekarangan Rumah Bisa Dimanfaatkan Untuk Penuhi Kebutuhan Pangan!

Pekarangan Rumah Bisa Dimanfaatkan Untuk Penuhi Kebutuhan Pangan!

DKPP Kepahiang Sebut Pekarangan Rumah Bisa Dimanfaatkan Penuhi Kebutuhan Pangan--Radarkepahiang.id

Radarkepahiang.id - Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP)  pemerintah desa dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan. Hal ini dikatakan Kepala Dinas KPP Rukismanto, S.Pi MP pemanfataan lahan pekarangan yang bisa menambah nilai ekonomi masyarakat.

 

Dia mengatakan, pemanfaatan lahan pekarangan rumah ini sebagai salah satu upaya pemerintah desa dan masyarakat dalam menghadapi krisis pangan. Seperti dalam angka menghadapi krisis pangan dan kenaikan harga pasar, memanfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam kini sangat dianjurkan.

BACA JUGA:Jadi Korban Maling Siang Bolong, Warga Mandi Angin Merugi Jutaan Rupiah

BACA JUGA:Jangan Cuma Tuntut Hak, Anggota DPRD Kepahiang Juga Harus Paham Kewajiban dan Kode Etik

"Pemanfaatan lahan pekarangan rumah ini menjadi program penting, serta menjadi aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh masyarakat di desa. Tujuannya untuk antisipasi masyarakat meghadapi krisis pangan, dan menambah nilai ekonomi ditengah masyarakat," ujar Rukismanto.

 

Dijelaskan Rukismanto, kondisi tersebut harus menjadi perhatian yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepahiang, tidak hanya dorongan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan saja, dia mengajak ini dilakukan oleh Pemerintah Desa dan stakeholder lainnya. Menurutnya, mengenai program tersebut harus dimulai dari keluarga untuk memanfaatkan lahan yang kosong di pekarangan rumah bahkan bisa memanfaatkan pot untuk menanam tanaman keluarga.

BACA JUGA:Kursi Pimpinan 3 OPD Pemkab Kepahiang Kosong!

BACA JUGA:Bentuk Komisi, PWI Kepahiang Rancang Rencana Kerja Tahun 2025

"Disamping harga bahan pangan yang terus mengalami kenaikan, memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman ini juga menjamin tanaman yang sehat untuk konsumsi keluarga," ujar Rukismanto.

 

Lebih lanjut, Rukismanto mengatakan keluarga memiliki peran penting dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Hal tersebut diupayakan melalui pemafaatan yang potensial sebagai sumber pangan untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga, berbagai komoditas pangan seperti sayur-sayuran dapat tumbuh dan dikembangkan di pekarangan.

Sumber: