Pupuk Organik Ternyata Mampu Meningkatkan Produktivitas Buah Lada, Pernah Coba?

Pupuk Organik Ternyata Mampu Meningkatkan Produktivitas Buah Lada, Pernah Coba?

Meningkatkan produktivitas buah lada cukup menggunakan pupuk organik.--Antaranews.com

Radarkepahiang.id - Pupuk organik ternyata bisa menjadi salah satu upaya petani meningkatkan produktivitas buah lada. Sebab Pupuk organik merupakan Pupuk yang mampu menyuburkan tanamannya agar menghasilkan produktivitas buah yang tepat. 

BACA JUGA:Petani Sayuran Catat, Ini Pupuk Khusus Tanaman Sayur yang Dapat Meningkatkan Hasil Panen

Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan pupuk yang tepat, seperti mengimplementasikan pupuk organik pada tanaman, yang terbukti dapat menyuburkan dan meningkatkan produktivitas buah lada.

 

Pupuk organik dipercaya sangat berguna pada lahan perkebunan karena mampu meningkatkan buah. Selain itu, pupuk organik juga dapat menyuburkan tanah sehingga di sela-sela tanaman lada, dapat ditanami jenis komoditas lain dengan sistem tumpang sari. 

BACA JUGA:Hasil Panen Kopi Meningkat Berlipat, Ternyata Pupuk Subsidi Jenis Ini Paling Cocok Untuk Petani Komoditas Kopi

Bahkan selain berbagai manfaat di atas, pupuk organik juga sangat bermanfaat karena penggunana pupuk organik mampu mengurangi pengeluaran petani.

 

Minat petani lada menggunakan pupuk organik cukup besar, seperti memanfaatkan limbah kotoran maupun limbah perkebunan yang dijadikan sebagai bahan baku pupuk. 

Petani mengakui kalau menggunakan pupuk organik, mampu menekan pengeluaran kalangan petani lada khususnya, hingga nyaris membuatnya tidak memiliki pengeluaran.

BACA JUGA:Mengenal 3 Macam Pupuk Subsidi Pemerintah Berikut Kegunaannya

Pupuk organik sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan dan memanfaatkan kualitas lahan secara berkelanjutan. 

 

Bukan cuma itu saja, penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang oleh kalangan petani, ternyata dapat meningkatkan produktivitas lahan dan dapat mencegah degradasi lahan.

Sumber: