MenPANRB Anas Ungkap Target Penerbitan RPP Manajemen ASN, Meningkatkan Kapasitas ASN!

MenPANRB Anas Ungkap Target Penerbitan RPP Manajemen ASN, Meningkatkan Kapasitas ASN!

MenPANRB Anas Ungkap Target Penerbitan RPP Manajemen ASN, Meningkatkan Kapasitas ASN!/--jpnn.com

MenPANRB Anas Ungkap Target Penerbitan RPP Manajemen ASN, Meningkatkan Kapasitas ASN!

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang membahas manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) ditargetkan akan selesai pada akhir April 2024. Anas menjelaskan bahwa aturan ini mencakup berbagai hal, termasuk pola pengembangan ASN.

 

Menurut Anas, RPP Manajemen ASN akan mengatur pola pengembangan kompetensi ASN yang lebih modern, tidak lagi hanya melalui penataran klasikal. Pengembangan ini akan mengutamakan experiential learning, seperti magang dan pelatihan langsung di lapangan, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas ASN.

BACA JUGA:RPP Manajemen ASN Masuk Tahap Akhir, MenPANRB: Targetnya 30 April 2024 Sudah Ditetapkan!

"Kami akan membuat sistem pembelajaran yang terintegrasi sejalan dengan itu," jelas Anas.

 

Anas juga menyampaikan bahwa masalah yang dihadapi terkait dengan kinerja ASN adalah bahwa kinerja individu belum sepenuhnya mencerminkan kinerja keseluruhan organisasi. Oleh karena itu, pengelolaan kinerja akan diatur untuk memastikan bahwa pencapaian tujuan organisasi tercapai.

 

"Kami merancang agar kinerja individu dan kinerja organisasi bisa sejalan," terang Anas.

 

Aturan ini juga membahas kemungkinan jabatan ASN yang dapat diisi oleh prajurit TNI dan anggota Polri, serta sebaliknya. Anas menjelaskan bahwa proses seleksinya akan ketat dan disesuaikan dengan kebutuhan instansi terkait.

 

"Aturan ini akan bersifat resiprokal dan akan melalui seleksi yang ketat, disesuaikan dengan kebutuhan instansi, dengan tujuan mendapatkan talenta terbaik dari TNI/Polri dan ASN," tambah Anas.

Sumber: