Ini 5 Makanan yang Bisa Membantu Kentut Lebih Mudah Bebas Masalah

Ini 5 Makanan yang Bisa Membantu Kentut Lebih Mudah Bebas Masalah

Ini 5 Makanan yang Bisa Membantu Kentut Lebih Mudah Bebas Masalah/--www.istockphoto.com

Ini 5 Makanan yang Bisa Membantu Kentut Lebih Mudah Bebas Masalah

RK ONLINE - Kentut, atau dalam istilah ilmiahnya disebut flatus, adalah hal yang normal dalam proses pencernaan manusia. Namun, bagi beberapa orang, sulitnya mengeluarkan gas dari tubuh bisa menjadi masalah. Kondisi ini sering kali terjadi ketika gas dalam usus besar tidak dapat dikeluarkan dengan mudah.

 

Berikut adalah 5 makanan yang dapat membantu proses pelepasan gas dalam tubuh:

BACA JUGA:Aktivitas Fisik Kunci Kesehatan Tubuh dan Pikiran yang Paling Penting

- Buah-buahan dan Sayuran: Buah-buahan seperti apel hijau, anggur, buah persik, ceri, peach, pir, dan kurma mengandung sorbitol, yang dapat meningkatkan produksi gas. Selain itu, sayuran hijau seperti kacang polong, asparagus, dan brokoli juga dapat memicu peningkatan gas.

 

- Kacang-kacangan: Kacang-kacangan mengandung karbohidrat tertentu yang disebut oligosakarida, terutama jenis rafinosa, yang cenderung menyebabkan lebih banyak gas.

 

- Susu: Susu dan produk susu mengandung laktosa, yang tidak dapat dicerna sepenuhnya oleh beberapa orang, terutama yang intoleran terhadap laktosa. Proses fermentasi laktosa di usus besar dapat menyebabkan produksi gas.

BACA JUGA:Tanda Bahaya! Ini Gejala Stroke Saat Bangun Tidur yang Harus Diketahui

- Gandum: Karbohidrat khusus yang disebut fruktan dalam gandum tidak sepenuhnya dicerna selama pencernaan di usus kecil, sehingga dapat menyebabkan produksi gas ketika difermentasi di usus besar.

 

- Minuman Manis dan Soda: Minuman manis, terutama yang mengandung fruktosa, dapat menyebabkan gas terbentuk dalam usus. Minuman berkarbonasi seperti soda juga dapat menyebabkan lebih banyak gas masuk ke saluran pencernaan.

Sumber: