Bisa Berbahaya, Hindari Minuman Ini Ketika Sedang Mengalami Stres, Ini Penjelasannya!

Bisa Berbahaya, Hindari Minuman Ini Ketika Sedang Mengalami Stres, Ini Penjelasannya!

Bisa Berbahaya, Hindari Minuman Ini Ketika Sedang Mengalami Stres, Ini Penjelasannya!/--www.istockphoto.com

Bisa Berbahaya, Hindari Minuman Ini Ketika Sedang Mengalami Stres, Ini Penjelasannya!

RK ONLINE - Stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang bisa dialami siapa saja. Namun, tahukah Anda bahwa minuman yang Anda konsumsi juga dapat memengaruhi tingkat stres Anda. 

Dilansir dari MD Anderson, apa yang Anda makan atau minum dapat berhubungan erat dengan tingkat stres yang Anda alami.

BACA JUGA:Tips Perawatan Rambut Rusak, Kembalikan Kilau Rambut Anda Secepat Kilat!

Menurut penelitian, makanan atau minuman yang kita konsumsi langsung memengaruhi proses dalam tubuh kita. Hal ini karena adanya koneksi langsung antara usus dan otak manusia melalui saraf vagus, menciptakan jalur komunikasi yang konstan. Hampir 95 persen reseptor serotonin, hormon kebahagiaan, berada di usus. Dengan demikian, apa yang kita konsumsi dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan emosional kita.

 

Dari penelitian yang dilakukan oleh Eat This dan WebMD, berikut adalah beberapa minuman yang sebaiknya dihindari saat Anda sedang mengalami stres:

 

- Alkohol: Meskipun beberapa orang mungkin merasa bahwa mengonsumsi alkohol dapat mengurangi stres, itu sebenarnya dapat memperburuk kondisi Anda. Alkohol merupakan depresan yang dapat mengganggu mikrobioma usus dan meningkatkan peradangan di saluran pencernaan.

BACA JUGA:Ada yang Penasaran Bagaimana Rasanya Pingsan, Berikut Ini Penjelasannya!

- Kopi: Meskipun kopi merupakan minuman yang populer, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat meningkatkan peradangan dan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Bahkan bagi pecinta kopi, disarankan untuk membatasi konsumsi kafein.

 

- Minuman Berenergi: Minuman berenergi cenderung mengandung kafein tinggi, yang dapat menyebabkan irama jantung yang tidak teratur, kecemasan, dan masalah tidur.

 

Sumber: