Mengapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan, Simak Penjelasan Selengkapnya!

Mengapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan, Simak Penjelasan Selengkapnya!

Mengapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan, Simak Penjelasan Selengkapnya!/--www.istockphoto.com

Mengapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan, Simak Penjelasan Selengkapnya!

RK ONLINE - Salah satu alasan utama kita makan adalah untuk mengisi ulang energi, tapi terkadang efeknya malah membuat kita merasa lebih lelah. Ngantuk setelah makan memang sering dialami oleh banyak orang, dan ada beberapa faktor yang bisa menjelaskannya dengan mudah.

 

Menurut penjelasan dari dokter Carlo Manzana, setelah kita makan, tubuh akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang memberi sinyal ke usus untuk memulai proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Proses ini memerlukan banyak energi, dan hal ini bisa membuat kita merasa lelah.

BACA JUGA:Hindari 7 Kebiasaan Ini agar Terhindar dari Serangan Asam Urat

Hormon insulin juga memiliki peran besar dalam menentukan tingkat energi setelah makan. Ketika kita makan, kadar insulin naik untuk menjaga agar gula darah tetap stabil. Setelah proses ini selesai, kadar insulin akan turun, yang bisa membuat kita merasa lelah. Ini adalah proses yang normal dan sering kali membuat kita merasa ngantuk juga, kata ahli gizi Melissa Prest.

 

Jenis Makanan yang Membuat Kita Merasa Ngantuk

 

Karbohidrat, Lemak, dan Gula

Makanan yang tinggi karbohidrat, lemak, atau gula, sering kali memberikan rasa nyaman, terutama saat kita merasa stres atau lelah. Namun, makanan ini juga bisa membuat kita merasa ngantuk setelah mengonsumsinya.

BACA JUGA:Ingin Menurunkan Kolesterol, Coba 5 Jenis Olahraga Pagi Ini Dijamin Efektif

Mengandung Tryptophan

Tryptophan, asam amino tertentu, bisa membuat kita merasa lebih rileks dan ngantuk. Makanan yang tinggi kandungan tryptophan seperti daging ayam, kalkun, susu, cokelat, atau kacang-kacangan bisa membuat kita merasa ngantuk beberapa jam setelah makan.

Sumber: