Buruan Dicoba! Berikut Ini Sederet Obat Kolesterol Alami yang Bisa Menjadi Pilihan

Buruan Dicoba! Berikut Ini Sederet Obat Kolesterol Alami yang Bisa Menjadi Pilihan

Buruan Dicoba! Berikut Ini Sederet Obat Kolesterol Alami yang Bisa Menjadi Pilihan/--www.istockphoto.com

Buruan Dicoba! Berikut Ini Sederet Obat Kolesterol Alami yang Bisa Menjadi Pilihan

RK ONLINE - Dalam menangani kolesterol tinggi, ada berbagai pilihan obat alami yang dapat dipertimbangkan sebagai alternatif atau suplemen untuk pengobatan konvensional. Berikut adalah beberapa obat kolesterol alami yang bisa menjadi pilihan:

 

Serat Larut: Serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat kolesterol dan asam empedu di dalam usus, sehingga tidak diserap oleh tubuh. Serat larut bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, pir, asparagus, dan oatmeal.

BACA JUGA:Penyebab dan Gejala Bau Ketiak, Bisa Jadi Tanda Penyakit Diabetes, Ini Ketahui Faktanya!

Kacang Kedelai: Kacang kedelai dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan memiliki kandungan lemak yang rendah. Meskipun belum ada kesepakatan mengenai efektivitasnya, mengonsumsi kacang kedelai sebagai pengganti makanan berlemak bisa menjadi langkah positif.

 

Angkak Merah: Angkak merah atau red yeast rice adalah nasi putih yang telah difermentasi dengan ragi atau khamir. Angkak merah terbukti efektif menurunkan kolesterol, namun dapat menyebabkan efek samping tertentu seperti kerusakan otot dan lever.

 

Bawang Putih: Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga terbukti dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Namun, efektivitasnya masih dalam perdebatan dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:Ingin Alternatif Sehat Pengganti Nasi, Coba 10 Makanan Ini!

Flaxseed: Flaxseed mengandung asam alfa-linolenat (ALA) yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

 

Minyak Ikan: Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, dapat ditemukan dalam beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, dan sarden.

Sumber: