Ternyata Aktivitas Kita Selama Ini Bikin Kita Berisiko Terkena Gagal Jantung, Ini Cara Menangkalnya!

Ternyata Aktivitas Kita Selama Ini Bikin Kita Berisiko Terkena Gagal Jantung, Ini Cara Menangkalnya!

Ternyata Aktivitas Kita Selama Ini Bikin Kita Berisiko Terkena Gagal Jantung, Ini Cara Menangkalnya!--Dok/Net

Ternyata Aktivitas Kita Selama Ini Bikin Kita Berisiko Terkena Gagal Jantung, Ini Cara Menangkalnya!

RK ONLINE - Berdasarkan laporan Kemenkes RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah penyakit stroke. Banyak yang menganggap bahwa penyakit ini menyerang pada usia tua, namun penerapan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit ini timbul pada usia muda. 

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, karena jantung merupakan organ vital yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi ini tentunya menunjang kelangsungan hidup. Agar jantung tetap sehat, ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan.

Mungkin Anda sudah sering mendengar dokter menganjurkan untuk rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, menjalani pola makan sehat, dan tidak merokok. Hal ini karena beberapa langkah tersebut merupakan metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA:Pilihan SUV Terjangkau yang Cocok di Daerah, Ada Suzuki Grand Vitara, Toyota Fortuner dan Ford Everest

Inilah beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung

1. Jaga kesehatan mulut

Masalah di jantung bisa terjadi ketika terjadi gejala penyakit gusi, mulut, dan gigi yang parah dan tidak mendapatkan perawatan. Pada keadaan penyakit di ruongga mulut yang parah, bakter maupun jamur dapat berpindah ke aliran darah sehingga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah sekitar jantung. Oleh karena itu, cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga kesehatan mulut. Rajinlah untuk menggosok gigi 2 kali sehari secara rutin.

 

2. Batasi komsumsi makanan asin

Makanan asin dan gurih memang enak, tapi jika berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang merupakan salah satu factor risiko penyakit jantung. Saat tekanan darah kita tinggi, kerja jantung dalam memompa darah akan semakin berat dan ini dapat mengganggu kesehatan jantung.

BACA JUGA:Mengungkap Fakta: Benarkah Banyak Pikiran Benar-Benar Bisa Menurunkan Berat Badan?

Batas asupan garam (natrium) per hari bagi seseorang dengan usia 19-49 tahun adalah 1500 mg. Kita dapat mengurangi konsumsi garam dengan membatasi penggunaan garam saat memasak. Di samping itu, batasi juga makanan tinggi garam yang sudah dikemas, seperti dagung, snack, ataupun junk food.

 

Sumber: