KemenPANRB Menyiapkan Pemindahan ASN ke Ibu Kota Negara Nusantara

KemenPANRB Menyiapkan Pemindahan ASN ke Ibu Kota Negara Nusantara

KemenPANRB Menyiapkan Pemindahan ASN ke Ibu Kota Negara Nusantara/--www.menpan.go.id

KemenPANRB Menyiapkan Pemindahan ASN ke Ibu Kota Negara Nusantara

RK ONLINE - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) tengah mempersiapkan proses pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Proses ini mencakup persiapan dari segi SDM hingga tata kelola pemerintahannya.

 

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan kebutuhan ASN, baik yang berasal dari ASN yang sudah ada maupun yang akan direkrut. 

BACA JUGA:KemenPANRB Matangkan Skenario Pemindahan ASN ke IKN, Fokus pada Optimalisasi Kinerja Pemerintahan!

Hal ini melibatkan tiap kementerian dan lembaga untuk penempatan di IKN. Dalam pengusulan kebutuhan pada Seleksi CASN Tahun 2024, formasi khusus akan dipersiapkan agar ASN dapat langsung bekerja di IKN. Bukan hanya dari Otorita IKN, melainkan juga dari seluruh unsur pemerintah pusat yang akan pindah ke IKN sesuai tahapannya.

 

Presiden telah meminta agar formasi kebutuhan juga disiapkan bagi fresh graduate, tidak hanya untuk Otorita IKN, tetapi juga untuk seluruh kementerian dan lembaga yang akan pindah ke IKN Nusantara, ungkap Anas.

 

Dalam pembuatan skenario pemindahan ASN ke IKN, Kementerian PANRB tidak hanya mengoordinasikan jumlah ASN yang akan pindah dari pemerintah pusat. Lebih dari itu, Kementerian PANRB juga harus menyusun skenario agar fungsi pemerintahan dapat berjalan optimal.

BACA JUGA:Seleksi ASN 2024, Pemprov Bengkulu Fokus Rekrut Tenaga Teknis, Guru dan Dokter Spesialis

“Kita koordinasi dengan kementerian/lembaga untuk menentukan jumlah yang diperlukan bagi talenta-talenta unggul yang akan langsung berkantor di IKN Nusantara,” tambah Anas.

 

Kementerian PANRB juga akan meningkatkan koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait pemetaan jumlah ASN yang akan pindah dari masing-masing instansi.

Sumber: