Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Dibuka, Presiden Jokowi Umumkan 2,3 Juta Formasi, Persiapkan Syaratnya!

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Dibuka, Presiden Jokowi Umumkan 2,3 Juta Formasi, Persiapkan Syaratnya!

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Dibuka, Presiden Jokowi Umumkan 2,3 Juta Formasi, Persiapkan Syaratnya!/--lumajang.jatimnetwork.com

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Dibuka, Presiden Jokowi Umumkan 2,3 Juta Formasi, Persiapkan Syaratnya!

RK ONLINE - Bagi para pencari kerja, kabar baik datang dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang mengumumkan pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2024. 

 

Seleksi ini melibatkan dua jalur, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dengan total 2,3 juta formasi.

BACA JUGA:Segera Persiapkan Diri, Ini Ketentuan Batas Usia Pendaftaran CPNS 2024

Jokowi mengungkapkan bahwa formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

 

 Seleksi CASN 2024 akan menyasar lulusan baru (fresh graduate) dan tenaga honorer. Dalam seleksi CPNS, instansi pusat membuka 207 ribu formasi, sedangkan instansi daerah menyediakan 483 ribu formasi. Sementara itu, bagi tenaga honorer atau non-ASN, pemerintah akan menyediakan 1,6 juta formasi PPPK.

 

"Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK," ungkap Jokowi.

BACA JUGA:Pengumuman Seleksi CPNS 2024 Muncul di Media Sosial, Simak Penjelasan BKN Berikut Ini!

Pemerintah menggarisbawahi fokus seleksi CASN 2024 untuk menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat. Dalam menghadapi tantangan tersebut, pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan peningkatan kinerja serta akuntabilitas pemerintah.

 

Presiden Jokowi mengundang talenta muda Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang lebih baik.

Sumber: