Kebutuhan Calon Pegawai Sangat Besar, Pemerintah Pastikan Rekrutmen CASN 2024 Dibuka 3 Kali Dalam Setahun

Kebutuhan Calon Pegawai Sangat Besar, Pemerintah Pastikan Rekrutmen CASN 2024 Dibuka 3 Kali Dalam Setahun

Kebutuhan Calon Pegawai Sangat Besar, Pemerintah Pastikan Rekrutmen CASN 2024 Dibuka 3 Kali Dalam Setahun/--menpan.go.id

Kebutuhan Calon Pegawai Sangat Besar, Pemerintah Pastikan Rekrutmen CASN 2024 Dibuka 3 Kali Dalam Setahun

RK ONLINE - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) mengungkapkan bahwa rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) bisa berlangsung hingga tiga kali sepanjang tahun 2024. 

 

Hal ini diungkapkan oleh Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, yang menyebut bahwa kebutuhan besar akan aparatur menjadi faktor utama di balik kebijakan ini.

BACA JUGA:Persiapkan Diri Anda, Pemerintah Buka Rekrutmen 2,3 Juta Formasi ASN 2024

Menurut Aba, pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 akan dilakukan dalam tiga tahap, dengan tahap pertama yang terdiri dari seleksi CPNS dan PPPK dijadwalkan pada bulan Mei 2024. Pada tahap ini, diharapkan semua kementerian, lembaga, dan daerah dapat memasukkan data dalam platform digital.

 

"Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya," ungkapnya 

 

Tahun ini, pemerintah memberikan alokasi cukup besar bagi para fresh graduate untuk mengikuti seleksi. Alokasi formasi yang diberikan melibatkan sektor-sektor krusial seperti dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan termasuk di dalamnya talenta digital.

BACA JUGA:Sebelum Daftar CASN 2024, Peserta Baiknya Terlebih Dahulu Pahami Perbedaan PNS dan PPPK Ini

"Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi berdampak bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM," jelas Aba.

 

Rekrutmen ASN 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 5 Januari 2024 dengan total formasi sebanyak 2,3 juta. Formasi CPNS yang dapat dilamar oleh fresh graduate mencapai 690.822 formasi. 

Sumber: