Alhamdulillah! Tak Lulus PPPK 2023 Tenaga Honorer Jadi Prioritas Khusus Dalam Seleksi CASN 2024

Alhamdulillah! Tak Lulus PPPK 2023 Tenaga Honorer Jadi Prioritas Khusus Dalam Seleksi CASN 2024

Alhamdulillah! Tak Lulus PPPK 2023 Tenaga Honorer Jadi Prioritas Khusus Dalam Seleksi CASN 2024/--koran.tempo.co

Alhamdulillah! Tak Lulus PPPK 2023 Tenaga Honorer Jadi Prioritas Khusus Dalam Seleksi CASN 2024

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan kabar baik kepada tenaga honorer yang tidak berhasil lolos seleksi PPPK 2023. Mereka diberi jaminan prioritas dalam seleksi CASN 2024.

 

MenPANRB akan menyediakan kuota sebesar 80 persen untuk tenaga honorer yang tidak lolos seleksi PPPK 2023. Sementara 20 persen akan diperuntukkan bagi formasi umum. Namun, jaminan prioritas ini tidak berlaku untuk semua tenaga honorer yang tidak berhasil lolos seleksi PPPK 2023.

BACA JUGA:Pemerintah Beberkan Peserta Prioritas Seleksi CASN 2024

Prioritas diberikan kepada dua kategori tenaga honorer, yaitu eks Tenaga Harian Kerja (THK)-II dan tenaga honorer dengan peringkat terbaik. Hal ini dilakukan karena pemerintah berupaya menyelesaikan masalah tenaga honorer sebelum batas waktu pada Desember 2024.

 

Saat ini, terdapat sekitar 1,6 juta tenaga honorer yang tidak berhasil lolos seleksi pada tahun 2023, dan MenPAN RB akan memberikan prioritas kepada mereka untuk menjadi PPPK.

 

Selain itu, tenaga honorer guru yang bertugas di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) juga akan mendapatkan prioritas dari MenPAN RB. Namun, syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh tenaga honorer yang ingin mendapatkan prioritas dari MenPAN RB adalah memiliki Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

BACA JUGA:Transformasi Kepegawaian, Pemerintah Fokus Cari Talenta Digital Melalui Seleksi CASN 2024

Saat ini, pemerintah bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sedang melakukan audit terhadap data tenaga honorer. Tujuannya adalah untuk mendapatkan data yang valid dan akurat mengenai tenaga honorer.

 

Berdasarkan verifikasi data, tercatat ada 2.355.092 tenaga honorer yang terdata, sementara dalam CASN 2023, hanya 749.398 tenaga honorer yang berhasil lolos.

Sumber: