Cek Mobilmu Sekarang, Servis Spooring Mobil Bisa Diketahui Menggunakan 3 Tips Mudah Ini

Cek Mobilmu Sekarang, Servis Spooring Mobil Bisa Diketahui Menggunakan 3 Tips Mudah Ini

Cek Mobilmu Sekarang, Servis Spooring Mobil Bisa Diketahui Menggunakan 3 Tips Mudah Ini/--www.dunlop.co.id

Cek Mobilmu Sekarang, Servis Spooring Mobil Bisa Diketahui Menggunakan 3 Tips Mudah Ini

RK ONLINE - Servis spooring dan pemeriksaan pada area kaki-kaki mobil sering kali memberikan indikasi yang bisa dirasakan oleh pengendara. Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, membagikan tips mudah bagi pengendara untuk memastikan apakah mobil memerlukan Servis spooring dengan tiga tahapan sederhana.

 

1. Cek Kalender

Pertama, Noval menyarankan pengendara untuk memeriksa kapan terakhir kali spooring dilakukan. Jika sudah mencapai jarak tempuh maksimal, sebaiknya mobil segera diservis. Menurutnya, servis spooring sebaiknya dilakukan setiap 15.000 hingga 20.000 kilometer.

BACA JUGA:Mobil SUV Jadi Banyak Peminat, Simak Sederet Kelebihan Serta Kekurangan SUV yang Jarang Diketahui

2. Tes Sensasi Berkendara

Langkah kedua adalah dengan mengevaluasi sensasi berkendara. Pengendara dapat melakukan swerving atau zig-zag di jalan kosong dan lebar. Dengan kecepatan konstan sekitar 40 kpj, pengendara diminta untuk mengubah arah setir dengan ritme beraturan. Jika mobil terasa lebih berat atau sulit belok ke satu arah, itu bisa menjadi tanda bahwa kaki-kaki mobil perlu dispooring.

 

3. Periksa Kondisi Ban Mobil

Langkah terakhir dan yang paling akurat adalah memeriksa kondisi ban mobil. Jika ditemukan ban botak di bagian luar atau dalam, itu menandakan poros ban sudah tidak sejajar dan perlu spooring, rotasi, serta balancing.

BACA JUGA:Ada Skin Legend Terbaru, Cek Daftar Skin Mobile Legends yang Rilis Moonton Januari 2024

Menurut Noval, kondisi seperti ban botak pada bagian tertentu merupakan tanda yang cukup parah dan memerlukan spooring segera.

 

Sumber: