Hindari Saraf Kejepit, Begini Posisi Tubuh yang Benar Saat Mengangkat Galon

Hindari Saraf Kejepit, Begini Posisi Tubuh yang Benar Saat Mengangkat Galon

Hindari Saraf Kejepit, Begini Posisi Tubuh yang Benar Saat Mengangkat Galon/--depositphotos.com

Hindari Saraf Kejepit, Begini Posisi Tubuh yang Benar Saat Mengangkat Galon

RK ONLINE - Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi konsultan tulang belakang di Eka Hospital BSD, Asrafi Rizki Gatam, mengingatkan bahwa mengangkat galon dengan posisi tubuh yang salah dapat menyebabkan risiko terkena saraf kejepit. Dia menjelaskan posisi yang benar dalam mengangkat galon untuk menghindari risiko tersebut.

 

Asrafi menyatakan bahwa mengangkat galon dalam posisi bungkuk dapat meningkatkan risiko terkena saraf kejepit, terutama di bagian punggung.

BACA JUGA:Selain Nikmat, Begini Manfaat Luar Biasa Kopi Untuk Kesehatan Orang Tua

"Jika Anda mengambilnya dalam posisi rukuk atau bungkuk, beban ada di pinggang, meningkatkan risiko terkena saraf kejepit," kata Asrafi seperti dilansir dari kompas.com

 

Menurutnya, beban seharusnya diletakkan di paha bukan di pinggang. Ketika beban berat ditempatkan di pinggang, otot tidak mampu menahan berat berlebih sehingga bisa membuka bantalan otot.

 

Asrafi menjelaskan bahwa saraf kejepit tidak terjadi secara langsung, melainkan bisa muncul akibat kebiasaan sering mengangkat galon dengan posisi bungkuk.

 

"Jika sering dilakukan, bantalan otot akan semakin terbuka, dan ini bisa menyebabkan saraf terjepit. Maka, sering mengangkat galon dengan posisi membungkuk bisa menyebabkan rasa sakit dari pinggang hingga leher, yang merupakan gejala utama saraf kejepit," paparnya.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Bahan Masakan, Ketahuilah Ini 7 Manfaat Kesehatan Cuka Apel yang Mengejutkan

Lalu, bagaimana posisi yang benar dalam mengangkat galon?

Sumber: