5 Senjata Aneh yang Digunakan Pada Peperangan Abad Lampau

5 Senjata Aneh yang Digunakan Pada Peperangan Abad Lampau

5 Senjata Aneh yang Digunakan Pada Peperangan Abad Lampau/--www.freepik.com

5 Senjata Aneh yang Digunakan Pada Peperangan Abad Lampau

RK ONLINE - Dikarenakan jauh dari teknologi, berbagai senjata aneh digunakan dalam sejarah perang pada 2000 tahun yang lalu. Tentara menggunakan senjata aneh yang sangat tidak biasa, untuk menguasai medan perang. Meskipun aneh, senjata-senjata ini ternyata sangat efektif melawan musuh pada masa itu.

 

Berikut ini beberapa senjata aneh zaman perang yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya:

1. Bom Kalajengking

Sebuah inovasi mencengangkan hadir hampir 2000 tahun lalu: penggunaan kalajengking sebagai senjata perang. Diceritakan oleh penulis Yunani, kalajengking ditempatkan dalam wadah dan dilemparkan ke arah tentara Romawi yang mengepung kota kuno Hatra. 

BACA JUGA:Dari Meriam Hingga Guci Kuno, Barang Bukti Peninggalan Zaman Perang Ditemukan Warga Taba Padang Kepahiang

Dampaknya sangat menghancurkan, membuat prajurit musuh terpaksa menghadapi hujan kalajengking selama 20 hari. Serangan ini terutama menyasar area kulit terbuka seperti wajah dan mata, merusak musuh secara efektif dan memaksa mereka untuk mundur.

 

2. Domba dan Keledai yang Terinfeksi

Mungkin ini contoh awal senjata biologis yang digunakan manusia. Domba jantan dan keledai yang terinfeksi penyakit tularemia dikirim sepanjang jalur perdagangan musuh. Akibatnya, wabah tularemia menyerang Mediterania Timur pada abad ke-14 SM. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Francisella tularensis yang sangat menular.

 

3. Gajah dan Babi

Gajah ternyata digunakan dalam perang masa lalu, terutama efektif melawan kavaleri berkuda dan manusia. Bahkan, gading gajah dilengkapi dengan paku untuk meningkatkan kefatalannya. Namun, gajah memiliki kelemahan; mereka terganggu oleh suara jeritan babi yang bisa membuat mereka panik.

Sumber: