Perdana di Bengkulu, PPL Kepahiang Disertifikasi BP Lampung, Ini Harapan Bupati Kepahiang!

Perdana di Bengkulu, PPL Kepahiang Disertifikasi BP Lampung, Ini Harapan Bupati Kepahiang!

Perdana di Bengkulu, PPL Kepahiang Disertifikasi BP Lampung, Ini Harapan Bupati Kepahiang!--Radarkepahiang.id

Perdana di Bengkulu, PPL Kepahiang Disertifikasi BP Lampung, Ini Harapan Bupati Kepahiang!

RK ONLINE - Sebagai upaya meningkatkan kapasitas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Kepahiang, beberapa waktu yang lalu, 82 PPL asal Kabupaten Kepahiang memperoleh pembekalan dan berhasil disertifikasi oleh Balai Pertanian (BP) Lampung.

Keberhasilan sertifikasi PPL ini kemudian membuat Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU menggantungkan banyak harapan. Kepada puluhan PPL Kabupaten Kepahiang yang disertifikasi November lalu ini, Bupati Kepahiang berharap dapat membawa perubahan dan memunculkan berbagai inovasi yang berdampak positif bagi petani dan masyarakat Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:Pemerintah Berencana Rekrut Besar-besaran Calon Hakim dan ASN Tahun 2024

Dia mengatakan kalau di Provinsi Bengkulu, Kabupaten Kepahiang merupakan kabupaten yang pertama kali PPL nya diberikan bekal dan disertifikasi BP Lampung. 

Menurutnya pemberian bekal dan sertifikasi itu, bertujuan agar SDM PPL di Kabupaten Kepahiang bisa semakin bermutu dan berkualitas. Sehingga dirinya selaku kepala daerah berharap, PPL yang disertifikasi ini nantinya dapat membantu meningkatkan produktifitas pertanian di Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:Lulus Seleksi, Simak Begini Pesan Bupati Kepahiang Untuk PPPK Tenaga Kesehatan Kabupaten Kepahiang Tahun 2023

"Beberapa waktu yang lalu BP Lampung melakukan sertifikasi dan juga memberi pembekalan terhadap puluhan PPL kita. Tentu ini bagus untuk peningkatan kualitas SDM. Saya berharap agar kedepannya PPL Kepahiang ini dapat membantu produktifitas hasil pertanian kita," ujar bupati Kepahiang.

Selama ini menurut bupati, memang dalam beberapa tahun terakhir produktifitas hasil pertanian di Kabupaten Kepahiang terbilang menurun cukup drastis. 

BACA JUGA:Ratusan Petugas Kebersihan di Kota Bengkulu Berpotensi Diangkat Menjadi PPPK Paruh Waktu

Oleh sebab itu dengan menggandeng pihak BP Lampung, Jambi, Bengkulu dan yang lainnya, diharapkan dapat memberikan edukasi serta bekal kepada para PPL Kepahiang agar semakin baik lagi kedepannya. 

"Khususnya untuk membantu peningkatan produktifitas hasil tani di Kabupaten Kepahiang, sebagaimana yang kita ketahui bahwa mayoritas penduduk kita ini berprofesi sebagai petani," lanjutnya.

BACA JUGA:Penerimaan Mahasiswa Baru, Simak Cara Mudah Cek Kuota Sekolah SNBP 2024

Sementara itu bupati mengatakan bahwa selain peran dari para petani yang ada, peran PPL ini juga dibutuhkan untuk memantau pertanian di Kabupaten Kepahiang. Sebab Menurutnya PPL ini merupakan salah satu ujung tombak pada sektor pertanian di masing-masing daerah.

Sumber: