Dorong Pertumbuhan UMKM Indonesia, TikTok dan GoTo Bersatu Sebagai Mitra Strategis

Dorong Pertumbuhan UMKM Indonesia, TikTok dan GoTo Bersatu Sebagai Mitra Strategis

Dorong Pertumbuhan UMKM Indonesia, TikTok dan GoTo Bersatu Sebagai Mitra Strategis/---images.tokopedia.net

Dorong Pertumbuhan UMKM Indonesia, TikTok dan GoTo Bersatu Sebagai Mitra Strategis

RK ONLINE – Tepat pada Senin tanggal 11 Desember 2023, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan TikTok secara resmi menjadi mitra strategis yang bertujuan untuk mendorong UMKM Indonesia. TikTok dan GoTo mengumumkan kemitraan strategis mereka untuk menguatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Fokus utama kemitraan ini adalah memberdayakan serta memperluas pasar bagi pelaku UMKM yang ada di tanah air.

 

Dalam pengumumannya, Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah naungan PT Tokopedia. TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia, sementara layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dikelola oleh PT Tokopedia.

BACA JUGA:TikTok Shop Dibuka Kembali, Kementerian BUMN Tegas Minta Prioritaskan Produk UMKM

Keterangan resmi menyebutkan bahwa TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. Hal ini dilakukan tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Dengan kesepakatan ini, diharapkan TikTok dan GoTo dapat memberikan manfaat lebih besar bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia. Kombinasi bisnis antara Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia diharapkan membawa keuntungan bagi GoTo. GoTo akan tetap menjadi mitra dalam ekosistem Tokopedia, serta melanjutkan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek.

 

Program awal dari kemitraan ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan diawasi oleh kementerian dan lembaga terkait. Kampanye "Beli Lokal" akan diluncurkan pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional. Kampanye ini akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus utama pada produk asli Indonesia.

BACA JUGA:TikTok Shop Hadir Kembali, Kemendag: Belum Menerima Permohonan Resmi

Kedepannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce, serta mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Lebih dari 90 persen merchant yang terlibat dalam kesepakatan ini merupakan pelaku UMKM.

Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan strategi perluasan cakupan pasar. Untuk memastikan kelangsungan langkah PT Tokopedia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional akan dibentuk sebuah komite yang akan memfasilitasi transisi dan integrasi di bawah kepemimpinan, Patrick Walujo dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Sumber: