Disaksikan Wapres RI, Pemkab Kepahiang Raih Penghargaan SAKIP Predikat B

Disaksikan Wapres RI, Pemkab Kepahiang Raih Penghargaan SAKIP Predikat B

Diserahkan Wapres RI, Pemkab Kepahiang Raih Penghargaan SAKIP Predikat B/---istimewah

Disaksikan Wapres RI, Pemkab Kepahiang Raih Penghargaan SAKIP Predikat B

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang lagi-lagi mengukir prestasi gemilang. Kali ini disaksikan langsung oleh Wapres RI Ma'ruf Amin, Pemkab Kepahiang berhasil mendulang prestasi di tingkat nasional dengan menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) tahun 2023 predikat B.

 

Melalui MenPANRB Abdullah Azwar Anas, penghargaan SAKIP Predikat B ini diterima langsung oleh Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU dalam rangkaian acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, Reformasi Birokrasi RB dan Zona Integritas di Nusa Dua, Bali, Rabu 6 Desember 2023.

BACA JUGA:Lomba Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak Meriahkan HUT DWP dan Hari Ibu Kepahiang Tahun 2023

Dikonfirmasi terkait penghargaan ini, bupati Kepahiang menuturkan bahwa prestasi ini, berhasil dicapai berkat kerja keras Pemkab Kepahiang bersama dengan jajaran OPD dan seluruh stakeholder. Pemkab Kepahiag sendiri meraih predikat SAKIP dan ditetapkan sebagai zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM).

"Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi kita agar kedepannya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, yakni predikat A. Pencapaian indeks RB dan SAKIP serta zona integritas ini harus diikuti dengan perbaikan yang nyata pada tata kelola pemerintahan. Kami juga mendorong semua instansi untuk memperkuat orientasi secara berkelanjutan sebagai tarket kinerja agar mendukung tujuan pembangunan nasional," ujar bupati Kepahiang, Kamis 7 Desember 2023.

 

Lebih lanjut dikatakan bahwa tahun ini KemenPANRB telah meningkatkan evaluasi yang berdampak pada integritas tata kelola pemerintahan. Salah satu diantaranya adalah pengentasan kemiskinan ekstrem berskala nasional.

BACA JUGA:Dipimpin Wabup, Pemkab Kepahiang Presentasi Langsung Dihadapan Jajaran Kementrian Perhubungan

"Artinya ini juga menjadi PR besar bagi Pemkab Kepahiang, kita diminta untuk meningkatkan kualitas pengendalian internal serta meningkatkan pelayanan publik," singkatnya.

 

Sementara itu untuk diketahui bahwa sebelum mendapatkan penghargaan ini, Pemkab Kepahiang bersama dengan ratusan pemerintah daerah lainnya yang juga turut hadir dalam acara ini terlebih dahulu mendengarkan pidato dan arahan dari orang nomor 1 di Indonesia yakni, Presiden RI Joko Widodo yang saat itu berlangsung secara virtual.

Sumber: