Apakah Gonta-Ganti BBM Aman Bagi Kendaraan, Begini Penjelasanya!

Apakah Gonta-Ganti BBM Aman Bagi Kendaraan, Begini Penjelasanya!

Apakah Gonta-Ganti BBM Aman Bagi Kendaraan, Begini Penjelasanya!/---www.freepik.com

Apakah Gonta-Ganti BBM Aman Bagi Kendaraan, Begini Penjelasanya!

RK ONLINE - Penggunaan berbagai jenis bahan bakar di SPBU kerap menarik bagi pengendara yang ingin mencoba variasi. Namun, apakah kebiasaan ini aman untuk kendaraan Anda? Mari kita bahas.

 

Penting untuk diingat bahwa gonta-ganti jenis bahan bakar bukanlah praktik yang dianjurkan. Meskipun pada dasarnya, semua bahan bakar memiliki unsur yang sama, peralihan yang terlalu sering bisa berdampak buruk pada mesin kendaraan.

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, Harga BBM Pertamina Resmi Turun Lagi, Cek Daftar Harga Selengkapnya di Sini!

Satu Kali Ganti

Melakukan pergantian sekali tidak menjadi masalah, terutama dalam situasi darurat atau kekosongan bahan bakar. Namun, pastikan bahan bakar pengganti habis sebelum kembali ke jenis yang biasa digunakan.

 

Risiko Jika Dilakukan Berulang

Gonta-ganti jenis bahan bakar secara terus-menerus dapat menimbulkan masalah serius. Setiap mesin memiliki nilai kompresi yang berbeda, dan peralihan yang terlalu sering dapat mengganggu kompresi, merusak performa mesin, bahkan membuat proses penghidupan mesin menjadi sulit.

 

Konfigurasi yang Berbeda

Setiap merek bahan bakar memiliki konfigurasi yang unik, dan perbedaan ini bisa berpengaruh pada mesin kendaraan. Mengganti jenis dengan konfigurasi yang berbeda dapat mengganggu mesin dan menyebabkan masalah teknis.

BACA JUGA:Pemilik Kemdaraan Simak, Ini 8 Tips Mengemudi Hemat BBM yang Jarang Diketahui

Sumber: