Pemilik Kemdaraan Simak, Ini 8 Tips Mengemudi Hemat BBM yang Jarang Diketahui

Pemilik Kemdaraan Simak, Ini 8 Tips Mengemudi Hemat BBM yang Jarang Diketahui

Pemilik Kemdaraan Simak, Ini 8 Tips Mengemudi Hemat BBM yang Jarang Diketahui/---freepik.com

Pemilik Kemdaraan Simak, Ini 8 Tips Mengemudi Hemat BBM yang Jarang Diketahui

RK ONLINE - Dalam upaya mengatasi lonjakan harga bahan bakar minyak (BBM), pemilik kendaraan semakin banyak mencari cara untuk mengemudi secara efisien dan hemat bahan bakar. Berikut adalah beberapa tips mengemudi hemat BBM yang dapat membantu mengurangi pengeluaran di pompa bensin:

 

1. Perawatan Rutin Kendaraan:

Pastikan kendaraan dalam kondisi optimal dengan melakukan perawatan rutin, seperti pengecekan mesin, pergantian oli, dan penyesuaian tekanan ban. Kendaraan yang terawat cenderung lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar.

BACA JUGA:Dampak Cuaca Panas dan Terhadap Penguapan di Ruang Mesin Mobil, Benarkah?

2. Hindari Memuat Berat Berlebihan:

Mengangkut beban berlebihan dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Bersihkan barang-barang tidak perlu dari bagasi kendaraan untuk mengurangi beban dan meningkatkan efisiensi.

 

3. Pakai Gigi dengan Bijak:

Mengemudi dalam gigi yang tepat sangat penting. Gunakan transmisi otomatis atau manual dengan bijak. Hindari mengemudi dalam kecepatan tinggi dan jangan biarkan mesin bekerja keras terlalu lama.

 

4. Hindari Idle yang Lama:

Meskipun idling (mesin menyala tanpa bergerak) dapat memakan bahan bakar, hindari untuk menghidupkan mesin terlalu lama saat berhenti. Lebih baik mematikan mesin jika diperkirakan akan berhenti selama lebih dari satu menit.

Sumber: