Pengguna Sepeda Motor Dapat Mudik Gratis Nataru 2024 dari Kemenhub

Pengguna Sepeda Motor Dapat Mudik Gratis Nataru 2024 dari Kemenhub

Pengguna Sepeda Motor Dapat Mudik Gratis Nataru 2024 dari Kemenhub/---freepik.com

Pengguna Sepeda Motor Dapat Mudik Gratis Nataru 2024 dari Kemenhub

RK ONLINE - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menghadirkan program mudik gratis untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 bagi pengguna sepeda motor. Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, fasilitas ini ditawarkan untuk mendorong para pemudik motor beralih ke transportasi umum demi keamanan.

 

Budi menyatakan bahwa perjalanan mudik dengan sepeda motor dinilai berisiko, sehingga ia mengimbau masyarakat untuk mempertimbangkan opsi mudik gratis ini sebagai alternatif yang lebih aman.

BACA JUGA:Libur Panjang dan Cuti Bersama Tahun 2024, Jadwal Berharga untuk Perencanaan

"Oleh karenanya, saya dengan segala kerendahan hati mengimbau masyarakat untuk seyogyanya tidak menggunakan motor saat mudik Natal - Tahun Baru," ujarnya.

 

Hasil survei dari Badan Kebijakan Transportasi menunjukkan potensi pergerakan pada libur Natal dan Tahun Baru tahun ini mencapai 107,6 juta orang. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 43 persen jika dibandingkan dengan periode libur serupa pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

 

Dari survei tersebut, terungkap bahwa mobil pribadi menjadi moda transportasi favorit, mencapai 35 persen, diikuti oleh sepeda motor sebanyak 17 persen, dan kereta api sebesar 13 persen.

 

Sementara itu, destinasi yang paling diminati oleh para pemudik adalah tempat wisata sebanyak 45 persen, diikuti dengan pulang kampung sebesar 30 persen, dan merayakan Nataru sebanyak 18 persen.

BACA JUGA:Nekat Jadi Kurir Sabu, Ternyata Sebesar Ini Upah yang Bakal Diterima Warga Pulogeto Baru

"Dari hasil survei itu juga diketahui bahwa pemudik paling banyak menuju tempat wisata sebanyak 45 persen, pulang kampung 30 persen, merayakan Natal dan Tahun Baru sebanyak 18 persen," ungkap Budi Karya

Sumber: