Seleksi CPNS 2024 Dibuka, Siap-Siap Kategori Ini Dijanjikan Paling Banyak Formasi!

Seleksi CPNS 2024 Dibuka, Siap-Siap Kategori Ini Dijanjikan Paling Banyak Formasi!

Seleksi CPNS 2024 Dibuka, Siap-Siap Kategori Ini Dijanjikan Paling Banyak Formasi!/---sumeks.disway.id

Seleksi CPNS 2024 Dibuka, Siap-Siap Kategori Ini Dijanjikan Paling Banyak Formasi!

RK ONLINE - Kabar terkait rencana Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 telah menjadi sorotan, meskipun proses seleksi untuk tahun 2023 masih berada dalam tahap tes SKD. 

 

Informasi mengenai rencana pemerintah untuk membuka seleksi CPNS pada tahun 2024 telah dikonfirmasi oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja, dalam Rapat Koordinasi Penataan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) Pasca Undang-Undang No. 20/2023 tentang ASN.

 

Rapat koordinasi ini berlangsung pada Senin, 6 November 2023 di Jakarta. Aba Subagja menyatakan bahwa pemerintah berencana membuka seleksi CPNS dengan menyiapkan sekitar 1,3 juta formasi pada tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:KemenPAN-RB Berencana Buka Lowongan CPNS 2024, Ini 5 Jurusan Paling Dibutuhkan!

"Dalam tahun 2024, kita sudah menghitung bahwa formasi yang akan disediakan mencapai sekitar 1,3 juta," ungkap Aba Subagja.

 

Penetapan jumlah formasi CPNS 2024 didasarkan pada sisa formasi dari tahun sebelumnya, yakni tahun 2023. Selain itu, perhitungan juga mempertimbangkan jumlah pegawai yang telah pensiun atau meninggal dunia.

 

Berita baiknya, seleksi CPNS tahun 2024 akan memberikan kesempatan lebih besar bagi kategori fresh graduate. Hal ini merujuk pada fakta bahwa banyak fresh graduate yang belum dapat melamar pada seleksi tahun 2023, meskipun Kementerian PANRB telah menyediakan formasi yang cukup besar dari tahun ke tahun.

BACA JUGA:5 Jurusan yang Memiliki Prospek Tinggi Dalam Seleksi CPNS 2024

Namun, pemenuhan formasi tersebut belum optimal karena masih banyak keluhan, terutama dari fresh graduate, yang kesulitan dalam mendaftar seleksi CPNS. Keluhan ini menyoroti kesulitan lapangan yang dihadapi para fresh graduate yang ingin menjadi ASN. Usulan dari lembaga, pemerintah daerah, dan kementerian juga belum sepenuhnya terpenuhi.

Sumber: