Seleksi Kompetensi PPPK 2023, Peserta Wajib Pahami Materi Ujian dan Tahapanya

Seleksi Kompetensi PPPK 2023, Peserta Wajib Pahami Materi Ujian dan Tahapanya

Seleksi Kompetensi PPPK 2023, Peserta Wajib Pahami Materi Ujian dan Tahapanya/---Youtube/@CATKANREGVIIBKNPALEMBANG

Seleksi Kompetensi PPPK 2023, Peserta Wajib Pahami Materi Ujian dan Tahapanya

RK ONLINE - Sebentar lagi, peserta calon Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023 akan memasuki tahap ujian seleksi kompetensi. Seleksi ini bertujuan untuk menghasilkan PPPK yang profesional, kompeten, dan mampu memberikan pelayanan yang optimal.

 

Penting bagi peserta untuk memahami tahapan materi ujian yang akan dihadapi, khususnya dalam penggunaan Computer Assisted Test (CAT). Proses seleksi ini diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berdasarkan surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : B/2881/M.SM.01.00/2023 tanggal 30 Oktober 2023.

BACA JUGA:8 Tips dan Trik Agar Bisa Lolos Passing Grade Dalam Seleksi Penerimaan Pegawai

Berikut adalah empat tahapan materi ujian yang harus dikuasai peserta PPPK:

 

- Materi Kompetensi Teknis:

Materi ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang spesifik terkait dengan bidang teknis jabatan. Peserta diharapkan dapat menunjukkan kemampuan dan pemahaman yang mendalam dalam aspek-aspek teknis yang relevan dengan tugas yang akan diemban.

 

- Materi Kompetensi Manajerial:

Tahapan ini bertujuan untuk menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi. Aspek yang dinilai meliputi integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, dan pengambilan keputusan.

BACA JUGA:SKD CPNS Kemenkumham 2023 Provinsi Bengkulu Dimulai Hari Ini, Simak Informasi Selengkapnya!

- Materi Kompetensi Sosial Kultural:

Sumber: