Dipermudah Pemerintah, MenPANRB Siapkan Seleksi CPNS Hingga 3 Kali Setahun

Dipermudah Pemerintah, MenPANRB Siapkan Seleksi CPNS Hingga 3 Kali Setahun

Dipermudah Pemerintah, MenPANRB Siapkan Seleksi CPNS Hingga 3 Kali Setahun/---instagram/@azwaranas.a3

Dipermudah Pemerintah, MenPANRB Siapkan Seleksi CPNS Hingga 3 Kali Setahun

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan kemungkinan dilakukannya seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga tiga kali dalam setahun.

Menurut Anas, langkah ini akan diakomodasi melalui penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) terkait rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

 

Anas menyatakan bahwa penyelenggaraan seleksi CPNS yang lebih sering bertujuan untuk mengurangi kebutuhan instansi dalam merekrut pegawai honorer untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh pegawai yang telah pensiun.

BACA JUGA:Info Pengumuman Hasil SKD CPNS 2023, Peserta Siap-Siap Hadapi Tahap SKB CPNS 2023

"Siklusnya akan dipercepat ke depan. Sebelumnya, seleksi dilakukan setahun sekali, namun setelah PP dibentuk, bisa saja menjadi tiga kali dalam setahun, tidak seperti sekarang," ujar Anas.

 

Sejauh ini, siklus seleksi CASN yang dilaksanakan menyebabkan instansi harus menunggu waktu yang cukup lama untuk mengisi posisi pegawai yang pensiun, sementara kebutuhan mendesak.

 

"Sehingga, ketika ada kekosongan, tidak perlu menunggu lama. Selama ini, karena kekosongan harus menunggu lama, banyak orang yang direkrut sebagai pegawai honorer," tambah mantan Bupati Banyuwangi tersebut.

 

Nantinya, seleksi CASN atau CPNS akan dibuka sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi, berdasarkan data jumlah pegawai yang akan pensiun pada periode tersebut.

BACA JUGA:Dipercepat! Seleksi CPNS Akan Dilaksanakan Menjadi 3 Kali Setahun

Sumber: