Dikoordinatori Dinas Sosial, Pemkab Ajak Masyarakat Teladani Semangat Pejuang Lewat Upacara Hari Pahlawan

Dikoordinatori Dinas Sosial, Pemkab Ajak Masyarakat Teladani Semangat Pejuang Lewat Upacara Hari Pahlawan

Upacara pengibaran bendera peringatan Hari Pahlawan yang ke 78--Istimewah

Dikoordinatori Dinas Sosial, Pemkab Ajak Masyarakat Teladani Semangat Pejuang Lewat Upacara Hari Pahlawan

RK ONLINE - Dikoordinatori Dinas Sosial, Pemkab Kepahiang menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke 78, Jumat 10 November 2023.  Upacara pengibaran bendera di halaman kantor bupati Kepahiang ini, dipimpin langsung oleh Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam amanatnya, bupati Kepahiang mengajak seluruh masyarakat tanpa terkecuali, untuk mencontoh dan menteladani dedikasi dan semangat juang para pahlawan saat merebut kemerdekaan dari para penjajah. 

BACA JUGA:Sukses Terapkan Aplikasi Menanjak, Pemkab Kepahiang Bidik Hotel dan Homestay Untuk Tingkatkan PAD

Disaksikan langsung oleh dua veteran Kabupaten Kepahiang, bupati menyerukan semangat juang kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Menurut orang nomor 1 di Kabupaten Kepahiang ini, sikap teladan terhadap semangat juang para pahlawan yang dapat dilaukan adalah dengan cara memerangi kemiskinan dan kebodohan.

"Semangat yang berasal dari nilai peruangan Pahlawan Indonesia hingga akhirnya dideklarasikanlah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 inilah yang sepatutnya kita teladani. Memang sekarang ini sudah tidak ada lagi perang senjata di Indonesia khususnya Kabupaten Kepahiang, namun kita masih harus memerangi kemiskinan dan juga kebodohan yang sampai saat ini masih ada disekitar kita," ujar Hidayattullah.

BACA JUGA:Pemkab Kepahiang Sukses Realisasikan 3 Bantuan Tower BTS di Kabupaten Kepahiang, Ini Lokasinya!


Upacara penghormatan terhadap pahlawan di makam pahlawan Kabupaten Kepahiang--Jimmy Mayhendra

Menurutnya, saat ini Indonesia sedang banyak menghadapi ancaman penjajahan modern yang sudah tampak begitu nyata. Mengingat saat ini Indonesia merupakan salah satu pasar besar yang dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

"Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara," lanjutnya.


Kepala Dinas Sosial, Helmi Johan saat membimbing veteran Kepahiang menuju lokasi upacara penghormatan--Radarkepahiang.id

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang, H. Helmi Johan, M.Pd menambahkan bahwa melalui kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan ke 78 ini, Dinas Sosial juga menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) untuk 2 veteran pahlawan Kabupaten Kepahiang yang sudah berusia lanjut ini. 

BACA JUGA:Potensi Konflik Global Menggiring Kekhawatiran Terjadinya Perang Dunia ke III

Sebagai leading sektor penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan ini, Dinsos turut serta mendoakan para pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran demi memperjuangkan kedaulatan, keutuhan dan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sumber: