Jelang SKD CPNS 2023, Peserta Wajib Fokus Terhadap Tes Karakteristik Pribadi

Jelang SKD CPNS 2023, Peserta Wajib Fokus Terhadap Tes Karakteristik Pribadi

Jelang SKD CPNS 2023, Peserta Wajib Fokus Terhadap Tes Karakteristik Pribadi/---Youtube/@PrivatAlFaiz

Jelang SKD CPNS 2023, Peserta Wajib Fokus Terhadap Tes Karakteristik Pribadi

RK ONLINE - Para peserta seleksi CPNS 2023 saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan diselenggarakan dalam beberapa hari ke depan. Tes SKD CPNS 2023 dijadwalkan berlangsung pada 9 - 18 November 2023 mendatang.

 

SKD CPNS terdiri dari beberapa bagian, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Dalam persiapan untuk SKD, banyak pelamar menekankan pentingnya memahami dan berlatih TKP, karena nilai TKP menjadi penentu awal perangkingan bagi pelamar yang memiliki skor kumulatif yang sama dengan pelamar lainnya.

BACA JUGA:Persiapan TKP CPNS 2023, Ini Kisi-Kisi Berikut Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi Beserta Jawabannya

TKP adalah tes yang dirancang untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan beberapa aspek. Beberapa hal yang diuji dalam TKP mencakup:

 

- Pelayanan Publik: Kemampuan untuk memberikan pelayanan yang ramah dan efektif, sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki, guna memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain.

- Jejaring Kerja: Kemampuan untuk membangun dan menjaga hubungan kerja sama dengan orang lain, berbagi informasi, serta berkolaborasi secara efektif.

-Sosial Budaya: Kemampuan untuk beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat yang beragam, terdiri atas berbagai suku, agama, budaya, dan lainnya.

-Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan efektif guna meningkatkan kinerja dalam tugas dan pekerjaan.

- Profesionalisme: Kemampuan untuk melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan dengan penuh profesionalisme.

- Anti Radikalisme: Tes ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan individu tentang anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan kemampuan bertindak saat menghadapi situasi dengan stimulus berbagai alternatif.

Sumber: