Begini Penjelasan BKN Soal CASN 2023 Yang MS Berubah Menjadi TMS

Begini Penjelasan BKN Soal CASN 2023 Yang MS Berubah Menjadi TMS

Begini Penjelasan BKN Soal CASN 2023 Yang MS Berubah Menjadi TMS /---instagram/@bkngoidofficial-

Begini Penjelasan BKN Soal CASN 2023 Yang MS Berubah Menjadi TMS 

RK ONLINE - Banyak netizen berbagi cerita mengenai status seleksi mereka dalam Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang berubah dari Memenuhi Syarat (MS) menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) setelah melewati seleksi administrasi. Hal ini menjadi perbincangan hangat di media sosial.

 

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, salah satu contoh yang dibagikan oleh seorang netizen di akun TikTok @adidipta adalah perubahan status seleksi yang dia alami. Pada awalnya, statusnya adalah MS, yang berarti memenuhi syarat. Namun, setelah beberapa waktu, statusnya berubah menjadi TMS, yang berarti tidak memenuhi syarat.

 

Dalam penjelasan yang dibagikan oleh pengunggah, ia mengklarifikasi bahwa status TMS dapat berubah menjadi MS jika hasil verifikasi mendapati dokumen yang diajukan valid, dan sebaliknya.

BACA JUGA:Pelamar CPNS 2023 Harus Tahu Beda Materi dan Tahapan Seleksi CPNS dan PPPK

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai perubahan status ini, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Nur Hasan, menjelaskan bahwa ini terkait dengan masa sanggah.

 

Masa sanggah adalah periode di mana peserta seleksi dapat mengajukan keberatan terhadap hasil seleksi yang menyatakan mereka tidak memenuhi syarat. Pada tahap ini, panitia seleksi akan memeriksa kembali berkas dan dokumen yang dikirim oleh peserta.

 

Masa sanggah umumnya dimanfaatkan oleh peserta yang statusnya TMS, tetapi yakin bahwa dokumen yang mereka ajukan sesuai dengan persyaratan.

BACA JUGA:Cek Namamu! Berikut Perubahan Status Kelulusan Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Agama

Nur Hasan menjelaskan, "Masa sanggah memang diperuntukkan untuk mengecek kembali pelamar yang mengajukan sanggah." Ini memungkinkan verifikator untuk memeriksa ulang berkas peserta yang sebelumnya dinyatakan TMS, dan dalam beberapa kasus, peserta yang sebelumnya MS dapat berubah menjadi TMS.

Sumber: