MenPANRB Berharap Proses Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Berlangsung Transparan dan Akuntabel, Ini Katanya!

MenPANRB Berharap Proses Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Berlangsung Transparan dan Akuntabel, Ini Katanya!

MenPANRB Berharap Proses Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Berlangsung Transparan dan Akuntabel, Ini Katanya!/---www.menpan.go.id

MenPANRB Berharap Proses Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Berlangsung Transparan dan Akuntabel, Ini Katanya!

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), Abdullah Azwar Anas, memastikan bahwa tidak ada kecurangan dalam proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Ia menegaskan bahwa proses seleksi berjalan sangat transparan sehingga peserta tidak memiliki celah untuk berbuat curang.

 

"Kami memastikan seleksi ini tidak ada celah kekurangan, transparan, dan akuntabel," kata Anas.

BACA JUGA:Rincian Materi dan Ketentuan Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2023

Transparansi dalam seleksi ini didukung oleh penggunaan alat tes yang berbasis Computer Assisted Test (CAT). CAT adalah sistem tes yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Tes ini dilakukan melalui komputer dan memungkinkan hasil tes untuk langsung muncul di layar monitor peserta segera setelah mereka menyelesaikan tes.

 

"Penggunaan CAT ini salah satu bentuk digitalisasi seleksi calon ASN," tambah Anas.

 

Proses pendaftaran CASN 2023 telah ditutup pada 12 Oktober 2023, dengan total 2.409.882 orang yang telah menyelesaikan proses pendaftaran pada tanggal tersebut.

Dari jumlah tersebut, 945.404 peserta melamar melalui jalur calon pegawai negeri sipil (CPNS), sementara 439.020 pelamar merupakan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru. Pelamar PPPK tenaga kesehatan mencapai 388.145 orang, dan PPPK teknis diikuti oleh 637.313 pelamar.

BACA JUGA:Pelajari Segera! 20 Contoh Soal Kemampuan Manajerial dan Jawaban Untuk PPPK Teknis 2023

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan paling cepat pada 16 Oktober 2023, dan pemerintah memberikan waktu masa sanggah hingga 23 Oktober 2023.

Sumber: