CPNS BIN 2023 Paling Diminati, Ketahuilah Ini Tugas dan Wewenang Badan Intelijen Negara

CPNS BIN 2023 Paling Diminati, Ketahuilah Ini Tugas dan Wewenang Badan Intelijen Negara

CPNS BIN 2023 Paling Diminati, Ketahuilah Ini Tugas dan Wewenang Badan Intelijen Negara /---ilustrasi

CPNS BIN 2023 Paling Diminati, Ketahuilah Ini Tugas dan Wewenang Badan Intelijen Negara 

RK ONLINE - Berdasarkan data final yang telah dirilis oleh BKN selaku Tim Pansel, Instansi Badan Intelijen Negara (BIN) menjadi salah satu instansi favorit dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 ini.

Bagaimana tidak, sampai dengan hari terakhir pendaftaran, Instansi BIN berada di nomor 6 formasi CPNS paling diminati masyarakat dengan jumlah total pelamar sebanyak 111.389 orang.

 

Dalam CPNS 2023 ini, formasi kebutuhan di dalam Instansi BIN ini berjumlah total 415 jabatan. Ada sejumlah formasi yang nantinya akan diisi CPNS yang lolos penerimaan tahun ini. Formasi-formasi tersebut, diantaranya Asisten Penata Kelola Intelijen,  Asisten Agen Intelijen, Asisten Penata Kelola Intelijen, Penelaah Teknis Intelijen dan lainnya.

 

Namun dari ratusan ribu pelamar tersebut, apakah semuanya sudah tahu tentang tugas dan wewenang BIN sebagai salah satu institusi penting di jajaran pemerintahan di Indonesia? jika belum, simak ulasan selengkapnya yang dirangkum oleh Radarkepahiang.id berikut ini:

BACA JUGA:Tidak Sampai 50 Persen, 120 Ribu Pelamar CPNS 2023 Dinyatakan TMS, BKN Sebut Begini Solusinya!

 

BIN merupakan salah satu instansi negara yang bertanggung jawab atas pelaksanaan fungsi intelijen di dalam dan luar negeri. Fungsi BIN mencakup berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan informasi intelijen demi keamanan nasional.

 

Dalam menjalankan tugasnya, BIN bekerja sama dengan lembaga intelijen lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka pertukaran informasi intelijen, pengembangan kapasitas, dan penanggulangan ancaman bersama. Berikut tugas dan wewenang BIN yang perlu diketahui bagi peserta yang lolos CPNS 2023.

 

Fungsi dan Tugas Badan Intelijen Negara

Sumber: